Langsung ke konten utama

Pelajaran Paling Dasar Trading Saham yang Pemula Harus Ketahui

Banyak yang menganggap trading saham itu mudah. Anggapan inilah yang membuat orang yang awam dalam dunia saham tidak ragu untuk langsung terjun. Dan apa yang terjadi? Harus diakui banyak yang berhasil. Tapi, tidak sedikit juga yang akhirnya bangkrut. Mereka sudah menaruh uang yang begitu banyak dalam instrumen investasi saham dan berakhir dengan kekecewaan.

Sebenarnya, jual beli saham memang mudah, namun bukan berarti dapat dilakukan dengan sembarangan. Jual beli aset saham beda dengan jual beli barang biasa. Harga saham sangat fluktuatif. Salah menganalisis bisa membuat uang yang Anda investasikan habis begitu saja.

Untuk pemula, sangat disarankan agar mereka belajar hal-hal yang paling mendasar mengenai trading saham. Dengan mengetahui fondasi utama dunia trading, mereka akan lebih mudah untuk tahu apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan profit dari trading ini.

4 Hal Penting Para Trader Pemula Harus Pelajari

Untuk pemula, setidaknya 4 hal dasar berikut ini yang penting untuk dipelajari. Apa saja itu?

1. Memilih Platform yang Tepat

Mengapa banyak orang yang gagal dalam trading? Kebanyakan mereka ikut-ikutan menggunakan sebuah aplikasi trading. Karena teman-temannya menggunakan, maka mereka juga ikut menggunakan.  

Akan lebih baik jika Anda cek dulu di website OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk mengetahui apakah aplikasi tersebut legal dan sudah terdaftar atau belum. Jika sudah, silakan pilih.

Semakin bijak lagi jika Anda pelajari dulu kelebihan aplikasi tersebut dibandingkan dengan yang lain. Anda harus tahu ada semakin banyak platform trading saham yang bisa Anda pilih. Jadi, sebaiknya pilih yang paling menguntungkan menurut versi Anda.

2. Gunakan Fresh Money 

Apa itu fresh money? Ini istilah yang digunakan untuk menggambarkan bahwa uang tersebut bukan uang yang akan segera digunakan. Untuk itu, harus dibedakan antara uang untuk kebutuhan sehari-hari dengan uang untuk trading.  

Jika Anda memiliki pendapatan tetap dari pekerjaan setiap hari, sebaiknya sisihkan untuk kebutuhan keluarga, tabungan, biaya, sekolah, dan pengeluaran wajib lainnya. Jika masih ada sisa, sisa itulah yang aman untuk digunakan jual beli saham.

Mengapa harus menggunakan fresh money? Karena banyak orang yang mengalami masalah ekonomi karena mereka trading menggunakan tabungan atau bahkan uang untuk kebutuhan setiap hari. Mereka lupa jika dalam trading, ada kemungkinan rugi. Tidak selamanya mereka bisa untung.

3. Buat Rencana Stop Loss 

Di aplikasi trading saham, biasanya ada fitur stop loss. Ini angka yang Anda tentukan sendiri agar uang Anda tidak habis ketika loss. Jadi, ada angka maksimal di mana Anda bertahan. Ketika harga saham sudah menyentuh angka tersebut, aplikasi akan stop secara otomatis agar Anda tidak semakin banyak mengalami kerugian.

4. Jangan Rakus

Ini sebenarnya penyakit trader pemula. Ketika mereka sudah untung, mereka tidak sabar untuk untung lebih besar lagi. Apa yang mereka lakukan? Mereka akan menambah modal untuk trading.  

Bukan hal yang salah ketika modal tersebut dari fresh money. Yang jadi masalah adalah ketika tambahan modal tersebut diambil dari tabungan atau bahkan pinjaman. Ini yang salah besar.

Gunakan Aplikasi Saham yang Legal


Itulah 4 hal mendasar yang perlu Anda ketahui mengenai trading saham. Hal yang penting lainnya adalah, gunakan aplikasi yang legal seperti Nanovest. Aplikasi ini memiliki beragam opsi saham luar negeri yang bisa Anda beli untuk investasi. Aplikasi ini juga 100% aman dan legal karena sudah memiliki izin dari beberapa kementerian seperti Kemendagri dan Kominfo serta BAPEBBTI sebagai platform jual beli aset digital. Selain itu,  Anda juga bisa sekaligus trading kripto dan saham di platform ini. Tentunya ini sangat memudahkan bagi Anda yang ingin melakukan divesifikasi investasi dengan memadukan saham dan kripto pada keranjang Anda.


Yuk, segera download aplikasi Nanovest sekarang juga, dan dapatkan semua keuntungannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis Pemeriksaan Laboratorium dan Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Cek Lab

Obat Paling Ampuh Dalam Mengatasi Penyakit Vertigo

Ini 7 Tempat Wisata Unik Yang Hanya Ada di Korea Selatan