Ingin Membuat Video Explainer Menarik Dan Diminati? Cek Selengkapnya Disini


Tak bisa dipungkiri jika banyak audiens memilih untuk menonton video daripada membaca artikel. Meski demikian, pembuatan video nyatanya membutuhkan proses panjang untuk menghadirkan konten menarik dan diminati. Terlebih lagi jika anda ingin membuat video explainer dengan informasi yang detail. Yuk intip triknya agar bisa membuat video yang menarik disini!

Tips Dan Trik Membuat Video Menarik

1. Pertimbangkan Faktor Konten

Video yang berisi penjelasan atau explainer pada dasarnya bisa dibuat dengan tema apapun. Namun anda perlu mempertimbangkan konten atau tema yang diambil karena sangat menentukan kualitas isi video. Terlebih lagi perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat setiap orang cukup mudah merasa bosan.
Mengetahui kondisi tersebut, anda sangat disarankan untuk menyajikan informasi menarik yang sesuai dengan minat audiens. Anda bahkan bisa mempertimbangkan sajikan pesan yang jelas, ringkas dan terfokus agar audiens penasaran untuk menikmati konten hingga akhir. Apalagi anda menyisipkan pesan berguna dan menarik dalam video explainer.

Jika dijabarkan, penentuan konten menarik ini dapat dilakukan dengan melakukan riset terlebih dahulu. Anda perlu mengasah kreativitas agar dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh banyak audiens. Pastikan video yang anda buat dapat memberikan jawabana atau solusi atas setiap masalah yang dialami oleh para audiens.

Anda juga bisa mengambil satu pokok bahasan yang terfokus. Lazimnya, konten yang anda sajikan dapat dibuat secara runtut dan saling terkait sehingga mudah dipahami. Apalagi anda memberikan penjelasan tentang suatu topik yang sangat komprehensif dan mendalam dengan dukungan fakta-fakta yang sesuai dengan kondisi nyata berdasarkan riset.

Jangan lupa sajikan konten menarik dengan durasi singkat agar audiens tidak kesulitan dalam memahami informasi yang anda sampaikan. Video penjelasan dengan durasi sekitar 10 menit bahkan lebih banyak diminati daripada video yang memiliki durasi 30 menit hingga 1 jam. Apalagi kondisi orang di zaman sekarang menjadi lebih sibuk.

2. Perhatikan Kondisi Audio

Baik explainer maupun video animasi, kondisi audio menjadi unsur yang tak kalah penting. Audio bahkan menjadi salah satu komponen yang sangat krusial karena berperan penting dalam membuat video lebih sempurna dan lebih hidup. Sayangnya, masih banyak para pembuat video yang jarang menyadari pentingnya keberadaan audio dan memilih untuk mengabaikannya.

Komponen audio yang perlu diperhatikan dalam pembuatan video adalah voice-over (pengisi suara) dan musik pendukung. Lazimnya, voice over sangat diperlukan untuk membuat informasi tersampaikan dengan jelas. Tak ayal jika intonasi, pelafalan dan aksen perlu dipertimbangkan. Anda bahkan bisa mempertimbangkan target audiens untuk memilih gaya bahasa penyampaian.

Begitu pula, anda bisa menambahkan beberapa musik terkait yang sesuai dengan tema video. Musik latar yang bersifat menghibur dan membangkitkan suasana bisa diletakkan dibagian awal pun akhir video. Meski demikian, anda juga bisa menambahkan musik latar pada bagian tertentu untuk menunjukkan poin penting dari setiap penjelasan. 

3. Perhatikan Faktor Tampilan Video

Selain itu, jangan lupakan tampilan video karena dapat mempengaruhi minat audiens. Tampilan biasanya menjadi tolak ukur konten karena berkaitan dengan kualitas gambar yang disajikan. Terlebih lagi video animasi perlu menunjukkan tampilan yang unik dan sesuai dengan brand atau identitas. Jangan lupa sesuaikan tampilan dengan isi konten untuk memudahkan menyampaikan informasi.

Demikianlah beberapa tips dan trik yang bisa anda praktikkan untuk membuat konten menarik dan banyak diminati audiens. Lazimnya, beberapa faktor yang telah dijabarkan merupakan komponen penting yang saling terkait. Untuk itu, anda sebaiknya memberikan kombinasi yang pas agar bisa menyuguhkan video yang berkualitas. 

Posting Komentar

0 Komentar