Langsung ke konten utama

Bingung Cara Belajar saat Kuliah Online? Berikut 4 Trik Belajar Online Efektif


Pada era new normal ini seluruh instansi pendidikan termasuk pendidikan tinggi negeri maupun swasta sudah menerapkan sistem kuliah online atau pembelajaran dari rumah. Tidak menutup kemungkinan banyak hal yang menjadi penghambat saat belajar dari rumah. Berikut akan diulas mengenai trik belajar secara online yang wajin anda ketahui.

Trik-Trik Belajar Secara Online Yang Efektif Dan Efisien 

1. Menyiapkan Ruangan Khusus Untuk Tempat Belajar 

Di masa pandemi ini tidak hanya para orang tua saja yang kelabakan menghadapi situasi yang cukup menguras tenaga dan pikiran. Tapi, bagi anda para mahasiswa pasti juga kesulitan dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan yang dilakukan secara online. Kegiatan pembelajaran yang diwajibkan dari rumah membuat kegiatan belajar kurang efektif dan tidak efisien. 

Namun, anda bisa mempersipakan diri dengan situasi dan kondisi yang mengahruskan diri untuk belajar secara online dari rumah. Hal pertama yang bisa anda lakukan yaitu menyiapkan ruangan khusus yang anda gunakan untuk melakukan pembelajaran dari rumah. hal ini berguna untuk memberikan tempat yang nyaman agar anda bisa focus menerima materi perkuliahan. 

2. Membuat Jadwal Belajar Yang Konsisten

Bagi seorang pelajar atau mahasiswa belajar secara daring memang merupakan sebuah tantangan tersidir. Sebab, anda sendiri yang memiliki kendali penuh terhadap kegiatan belajar yang akan dilakukan. Pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas saja terkadang masih kurang kondusif apalagi jika pembelajaran dilakukan hanya dengan menatap layar monitor pasti hal itu akan sangat membosankan.

Maka dari itu anda harus bisa mengendalikan diri anda sendiri dengan melawan rasa malas dan rasa bosan itu sendiri. Caranya yaitu, anda bisa membuat jadwal kegiatan belajar sendiri secara konsisten. Kuliah online memang akan terasa membosankan apabila kita tidak bisa melakuakn inovasi terhadap sistem belajarnya. Sehingga, anda harus bisa membuat situasi belajar anda lebih nyaman dan konsisten.

3. Pastikan Jaringan Internet Stabil

Kendala terbesar dalam menjalankan perkuliahan secara daring adalah permasalahan jaringan internet. Tidak sedikit pelajar atau mahasiswa yang tidak mempunyai akses internet yang dapat mengganggu pembelajaran mereka. Bagi mahasiswa yang terkendala internet harus bersusah payah menggapai jaraingan internet dengan berbagai cara agar tetap melaksanakan perkuliahan.

Hal inilah yang menjadi kekurangan terbesar dalam melaksanakan pembelajaran secara online. Namun, untuk itu anda harus mempersiapkan jaringan yang stabil untuk tetap mengikuti perkuliahan. Pastikan device anda juga memiliki kuota yang cukup dan bisa dioperasikan dengan baik agar anda tetap fokus menerima materi yang disampaikan oleh dosen pengajar.

4. Membuat Evaluasi Atau Ringkasan Belajar 

Pembelajaran secara online dan offline tentu saja memiliki perbedaan. Ketika anda belajar secara offline anda bisa bertanya secara aktif tanpa banyak mengalami kendala untuk memahami suatu topik pembelajaran. Namun, jika belajar online anda harus katif dalam membuat evaluasi atau semacam ringkasan untuk memahami materi yang sulit dimengerti.

Anda juga harus memperhatikan dengan baik penjelasan dari dosen agar tidak ketinggalan materi. Jika di kelas mungkin anda bisa bertanya secara langsung apabila melewatkan beberapa materi yang tidak dimengerti. Namun, saat pembelajaran yang hanya dilakukan dengan menatap layar laptop atau handphone cenderung membosankan dan membuat mata mengantuk. 

Itulah tadi trik-trik yang bisa anda coba saat melakukan perkuliahan secara daring. Meskipun belajar dari rumah cukup membosankan dan berindikator tinggi membuat malas belajar. Tapi, anda harus bisa mengontrol diri agar pembelajaran dapat terlaksana secara efektif dan efisien. Dengan begitu anda bisa tetap menerima materi yang disampaikan dengan maksimal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis Pemeriksaan Laboratorium dan Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Cek Lab

Obat Paling Ampuh Dalam Mengatasi Penyakit Vertigo

Ini 7 Tempat Wisata Unik Yang Hanya Ada di Korea Selatan