Kamis, 09 Desember 2021

Cara Membuat Absen Siswa Online Yang Mudah Diakses


Absen sekolah di masa pembelajaran daring saat ini sangat perlu dikembangkan. Guru membutuhkan pemahaman tentang penggunaan aplikasi pendukung agar dapat melakukan proses absensi secara mudah. Dengan begitu, guru akan dapat mengecek dan mengontrol kedatangan siswa dalam proses pembelajaran. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk mempermudah proses pendataan siswa.

Aplikasi pendukung untuk Pendataan siswa

1. Google Form

Rekomendasi pertama untuk layanan absensi siswa berbasis digital adalah Google Forms. Sejauh ini, ini adalah layanan manajemen kehadiran digital yang paling banyak digunakan karena sangat mudah digunakan oleh semua orang. Di sini, guru cukup menggunakan akun Google masing-masing untuk membuat formulir dan membagikan tautan dengan siswa.

Siswa hanya perlu diminta untuk memasukkan data dan mencatat kehadiran. Layanan ini gratis dan dapat diakses baik menggunakan komputer maupun smartphone. Selain kemudahan penggunaan, data kehadiran siswa yang direkam oleh Google Formulir diringkas dan dikategorikan berdasarkan apakah siswa hadir atau tidak secara otomatis oleh sistem. 

Dengan cara ini, guru dapat dengan mudah melihat kehadiran dan jika membutuhkan data, pengajar hanya cukup mencetaknya absen sekolah tanpa banyak mengedit atau reklasifikasi. Keuntungan lainnya adalah guru tidak harus terus-menerus membuat formulir baru karena formulir ini dapat digunakan berulang kali tanpa ada batas maksimal penggunaan.

2. Jojonomic

Pilihan absensi pelajar online yang canggih dan mudah digunakan berikutnya adalah Jojonomic. Aplikasi ini sudah digunakan sejak tahun 2014 dan memiliki jumlah pengguna yang banyak sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Fitur-fiturnya sangat beragam sehingga tidak hanya tentang presensi siswa saja tetapi juga sebagai sistem gaji pegawai.

Aplikasi ini dapat diunduh dengan membayar di Google Playstore. Namun, ada layanan uji coba 30 hari, sehingga pengguna dapat terus menggunakan versi gratisnya. Jika pengguna mendapatkan manfaat dari eksperimen dan tertarik menggunakan Jojonomic, atasan atau pengajar dapat mendaftar dan menegosiasikan biaya untuk pembelian aplikasi.

3. Zoho Form

Seperti Google Forms, Zoho Forms adalah layanan absensi siswa yang sangat mudah digunakan. Siswa hanya perlu mengakses  dengan mengklik tautan yang dibagikan oleh pembuat formulir. Bahkan, formulir Zoho ini juga memiliki fitur penandatanganan, meminta siswa untuk menandatangani kotak setiap kali mereka bergabung. 

Layanan ini disetujui dengan tanda tangan yang relevan untuk meningkatkan kredibilitas partisipasi dan mengurangi resiko kehadiran palsu. Semua data yang direkam dalam format Zoho juga dilindungi sehingga Anda tidak perlu khawatir kehilangannya. Semua data absensi yang tercatat tertata dengan jelas sehingga guru dapat mencetaknya kapan saja tanpa harus melakukan reorganisasi.

4. Pijar Sekolah

Pijar merupakan platform pendidikan yang didukung oleh telkom Indonesia untuk menerapkan sistem pembelajaran digital terintegrasi yang membantu sekolah menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. Terdapat banyak konten digital yang bisa ditemukan di aplikasi ini, diantaranya video pendidikan, buku digital interaktif, dan laboratorium visual.

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk memberikan kemudahan bagi pengajar dalam manajemen kehadiran siswa. Visual yang diperlihatkan sangat sederhana dan tidak ada menu istilah bahasa yang rumit, sehingga pemula pun dapat menggunakannya dengan mudah Semua data absen sekolah dilindungi dan dapat dicetak kapanpun ketika dibutuhkan.

Gunakanlah aplikasi yang mudah dipahami dan dapat digunakan sesuai kebutuhan. hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya masalah dalam proses manajemen kehadiran siswa. Selain itu, sebagai pengajar anda juga perlu mempertimbankan keamanan data yang dimasukkan dalam aplikasi yang digunakan. Semoga informasi diatas dapat membantu anda dalam menentukan pilihan.

0 komentar:

Posting Komentar