Selasa, 09 November 2021

Memahami Arti Al-Malik dari Asmaul Husna


Asmaul Husna merupakan nama nama Allah yang sangat indah dengan berbagai keutamaannya. Diantaranya dikabulkannya do’a. mempelajari asmaul husna merupakan suatu sunnah yang dianjurkan. Karena itulah anda wajib tahu pembahasanmenegnai arti Al-Malik. Berikut adalah makna dan cara meneladaninya.

Memahami Makna Al-Malik

Asmaul husna diartikan sebagai nama nama yang baik. Secara bahasa, kata asmaul husna terbagi menjadi 2 yaitu asma dan husna. Asma merupakan jamak dari kata Ism yang mendasar pada kata assumu dengan makna ketinggian. Sedangkan husna merupakan bentuk muannats dai kata ahsan yang berarti terbaik.

Asmaul husna terdiri dari 99 nama baik Allah yang merupakan bukti dari kebesaran dan kekuasaanNya. Masing-masing dari nama tersebut memiliki arti, keutamaan, dan sifat yang perlu diteladani. Dengan m=membaca, memahami, dan mengamalkan sifat yang tersimpan dalam asmaul husna akan membantu meningkatkan keimanan. Salah satu dari asmaul husna ini adalah Al-Malik.

Secara bahasa Al-Malik dimaknai sebagai yang maha merjai. Makna lainnya, yaitu sebagai raja dari semua raja yang ada di alam semesta. Al-Malik dapt mencerminkan keagungan dari Allah SWT. Sebagimana yang dikutip dari Understand Quran bahwa dalam bahasa arab, Al-Malik diartikan memiliki kekuatan atau kekuasaan untuk mengontrol.

Arti Al-malik banyak ditemukan dalam Al-Qur’an. Salah satunya dalam surat Al-Mu’min ayat  16 yang isinya berisi tentang Allah sebagai dzat yang maha tinggi, dan merupakan sebenar-benarnya raja dan tidak ada yang bisa menandinginya. Makna sifat dari asmaul husna satu ini adalah bahwa Allah SWT tidak membutukan sedang siapapun membutuhkan-Nya.

Cara Meneladari Sifat Al-Malik  

1. Beribadah kepada Allah

Cara pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan senantiasa beribadah kepada Allah. Dengan meneladani sifat ini, sebagai umat beragama harus paham bahwa dirinya bukan apa apa dan bukan siapa siapa. Tidak dapat bergantung pada siapapun selain kepada Allah SWT. manusia adalah milik Allah SWT, maka Dia-lah yang berhak untuk memerintah dan memberikan larangan.

2.Bersyukur

Sebagai manusia, wajib untuk senantiasa mensyukuri segala nikmat yang diberikan. Hal tersebut sebagai bentuk dari pengamalan sifat asmaul husna. Ketika mendapatkan rezeki dalam jumlah berapapun atas usaha yang telah dilakukan patutnya untuk selalu disyukuri. Kutipan dari ladiestory.id menyebutkan bahwa  Allah telah menjanjikan rezeki yang melimpah bagi hambanya yang pandai bersyukur.

3. Tidak Sombong

Allah merupakan penguasa mutlak dan raja dari seluruh raja dimuka bumi. Sebagai manusia perlu disadari bahwa terdapat beberapa hal yang tidak bisa dikendalikan kecuali atas izin dari Allah SWT. Oleh sebab itu, janganlah merasa sombong dan juga angkuh atas apa yang telah dititipkan. Baik berupa benda, pakaian, ataupun harta kekayaaan.

4. Menjadi Pemimpin yang baik

Meneladani sifat Al-Malik berikutnya yaitu menjadi pemimppin yang baik. Kriteria pemimpin yang baik adalah yang tidak sombong dan tidak menyalahgunakan kewenangan. Selain itu,  dapat berlaku adil dan tidak semena-mena terhadap bawahannya. Sesungguhnya Allah sangat membenci hambanya yang suka semena-mena.

5. Mengendalikan Hawa Nafsu

Mengendalikan hawa nafsu merupakan bentuk pengamalan Al-Malik. Mengendalikan nafsu bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Karena itulah harus senantiasa belajar dan memohon kemudahan kepada Allah. Ladiestory.id dalam artikenya menunjukkan barang siapa yang senantiasa mengikuti hawa nafsunya merupakan golongan dari orang-orang yang merugi.

Nama nama asmaul husna memiliki keistimewaannya masing-masing. Beberapa hal diataas merupakan sesuatu yang bisa kita amal dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud dari rasa keimanan kepada Allah SWT. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan syafaat bagi para pembaca.

0 komentar:

Posting Komentar