Jumat, 29 Oktober 2021

5 Manfaat Konsumsi Makanan dengan Label Gluten Free


Saat ini ada banyak sekali jenis makanan yang dilabeli gluten free. Bahkan ada banyak produk kue atau cake yang juga bersifat gluten free, contohnya cake gluten free premium. Gluten itu sendiri merupakan protein alami yang ditemui pada gandum dan tanaman serealia lainnya. Ternyata, pola makan gluten free bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Diet Gluten

Sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Salah satunya adalah mengendalikan kandungan gluten yang masuk ke tubuh. Pola makan gluten free bisa jadi salah satu pilihan karena mendatangkan beragam manfaat. Berikut adalah 5 manfaat konsumsi makanan yang berlabel gluten free:

1. Membantu Menurunkan Bobot Tubuh

Bagi Anda yang memiliki masalah kelebihan berat badan, diet gluten free bisa dijadikan sebagai salah satu solusi. Namun, program diet gluten free ini tergolong lebih berat jika dibandingkan program jenis lainnya. Anda harus menghindari aneka jenis makanan yang menggunakan bahan tepung seperti kue kering dan roti. Cara diet ini akan bekerja efektif untuk menurunkan jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

2. Mencegah Kerontokan Rambut

Ternyata diet gluten free juga bisa ikut membantu menjaga kesehatan rambut Anda. Pola makan ini akan memperkuat rambut dan mencegahnya dari kerontokan. Pada kelompok orang yang makan terlalu banyak gluten, seringkali kondisi rambut jadi rapuh dan sangat mudah rontok. Hal ini disebabkan gluten dapat menurunkan kekuatan akar rambut khususnya pada golongan orang tertentu. 

3. Menjaga Energi Tetap Seimbang

Sebagian orang yang sensitif terhadap gluten biasanya akan sering mengalami kelelahan yang bersifat kronis. Ini disebabkan oleh zat gluten yang mengganggu proses penyerapan nutrisi dalam tubuh termasuk zat besi. Konsumsi makanan bebas gluten seperti cake gluten free premium akan sangat membantu Anda untuk menjaga agar energi tetap seimbang dan tidak mudah lelah.

4. Menjaga Tulang Tetap Sehat

Konsumsi makanan yang bersifat gluten free ternyata juga efektif untuk menjaga kesehatan tulang. Ketika tubuh seseorang mengurangi asupan gluten, maka kadar kalsium dalam tubuh justru akan meningkat. Kalsium inilah yang nantinya akan membuat kondisi tulang jadi semakin kuat. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa diet gluten bisa meminimalkan risiko osteoporosis.

5. Memelihara Kesehatan Kulit

Diet gluten juga bisa membantu memelihara kesehatan kulit Anda. Risiko terkena berbagai jenis gangguan kulit bisa diminimalkan. Diketahui bahwa konsumsi gluten yang berlebihan bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan kulit seperti dermatitis atopik dan eksim. 

Itulah tadi 5 manfaat mengonsumsi makanan yang bersifat gluten free. Sekarang sudah ada banyak pilihan menu bebas gluten yang enak, seperti cake gluten free premium. Tak perlu ragu untuk diet gluten karena sekarang sudah ada banyak inovasi makanan enak yang rendah atau bebas gluten. Bahkan ada bolu klepon enak terkenal yang juga didesain gluten free.

0 komentar:

Posting Komentar