Jumat, 24 September 2021

Yuk Lindungi Bumi dengan Cara Mengurangi Sampah Plastik!

Yuk Lindungi Bumi dengan Cara Mengurangi Sampah Plastik!

Plastik bisa dikatakan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Namun dengan  cara mengurangi sampah plastik, kita juga telah membantu menyelamatkan bumi tercinta. 

Hanya saja mengurangi plastik tidak bisa dilakukan begitu saja. Mengingat penggunaannya yang telah menjadi elemen konstan dalam keseharian masyarakat luas. Mulai dari ponsel, kemasan produk, bahan tekstil bahkan sampai ke permen karet. Oleh sebab itu, dibutuhkan perubahan perilaku dan pola pikir dalam jangka panjang untuk membiasakan diri tidak lagi menggunakan plastik. 

5 Cara Mengatasi Sampah Plastik demi Kehidupan Lebih Baik

Indonesia sendiri merupakan salah satu penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Bahkan ada perkiraan jika tidak segera diatasi, maka pada tahun 2030 mendatang plastik di Indonesia akan melebihi jumlah ikan di lautan. Yuk ikuti tips di bawah ini untuk mengurangi bertambahnya sampah di luar sana. 

Berhenti menggunakan sedotan plastik

Anda bisa mulai menggunakan sedotan yang terbuat dari stainless steel sebagai pengganti sedotan plastik. Sedotan jenis ini bisa dipakai berkali-kali, berbeda dengan sedotan plastik yang hanya sekali pakai. Meski terlihat sepele, hal ini sangat membantu mengurangi penggunaan plastik. 

Memakai kantong belanja ramah lingkungan

Kantong ramah lingkungan ini juga bisa dipergunakan berulang kali sehingga tidak menambah permasalahan sampah. Anda bisa memilih kantong belanja yang terbuat dari kain katun karena bisa dicuci kembali. Tas dari anyaman tali atau bahan alam juga bisa menambah nilai plus penampilan Anda menjadi lebih trendy.

Stop membeli air minum kemasan

Kebiasaan sederhana kerap kali tidak disadari sebenarnya telah menambah banyak jumlah sampah di lingkungan. Contohnya adalah membeli air minum dalam kemasan. Anda dapat mengurangi kebiasaan ini dengan membawa botol minum sendiri. 

Ganti wadah plastik dengan bahan baja atau kaca

Sempat menjadi tren di kalangan ibu rumah tangga yang mengoleksi wadah dari bahan plastik berwarna-warni. Sekarang cobalah untuk beralih dari tren tersebut dengan mulai membiasakan diri menggunakan wadah kaca. Selain mengurangi sampah, kaca juga tidak berbahaya untuk makanan. 

Ini beberapa hal sederhana yang bisa kita gunakan sebagai cara mengurangi sampah plastik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begini sampah pun dapat berkurang, sehingga bumi menjadi lebih sehat. Yuk kita coba. 

0 komentar:

Posting Komentar