Sabtu, 07 Agustus 2021

Wajib Tahu 4 Fakta Menarik Dari Nikah Siri Surabaya

Wajib Tahu 4 Fakta Menarik Dari Nikah Siri Surabaya

Menikah memang menjadi suatu hal yang diidam idamkan. Banyak orang yang telah lama pacaran memilih untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Tetapi, ada juga yang berkomitmen menikah tapi belum siap pada beberapa aspek. Sehingga, hal tersebut mendorong seseorang untuk menikah menggunakan jasa nikah siri surabaya. Berikut 5 fakta menarik mengenai nikah siri!

Sekilas Mengenai Nikah Siri

Bagi beberapa orang yang sedang menjalin suatu hubungan, pernikahan memang seringkali dilakukan dengan alasan untuk menghindari zina. Salah satu pernikahan yang dilakukan adalah nikah siri. Kebanyakan orang memilih untuk lebih menikah siri karena ada suatu hal yang belum dapat terpenuhi. Salah satunya kendala yang dimiliki biasanya adalah masalah ekonomi. 

Nikah siri merupakan pernikahan yang secara agama dianggap sah, akan tetapi secara negara tidak sah. Menarik bukan? Yang menjadikan hal ini tidak sah secara negara adalah pernikahan jenis ini tidak dicatat secara resmi oleh negara. Tetapi, sebenarnya di Indonesia sendiri telah banyak orang yang melakukan praktik ini, salah satunya adalah nikah siri Surabaya. 

Hukum Menurut Para Ulama

Hukum nikah siri menurut para pendapat ulama sebenarnya juga memiliki berbagai macam opini yaitu pro dan kontra. Adapun beberapa pendapat ulama yang membolehkan nikah siri dengan alasan kuat demi menghindarkan diri dari dosa zina ketika melakukan pacaran. Ada juga alasan kuat lain yang mengatakan terkendala pada pelaksanaan pernikahan resmi tidak dapat dilakukan. 

Akan tetapi, ada sebagian ulama yang memiliki pendapat melarang untuk melakukan nikah yang satu ini. Sebab hal ini dianggap tidak sah dan mengandung mudharat pada pernikahan yang dilakukan. Namun, hal tersebut tergantung pada keyakinan yang dimiliki oleh setiap orang. Demikian juga menurut apa yang dikatakan oleh jasa nikah siri Surabaya

Persyaratan Nikah Siri

Untuk melakukan pernikahan yang satu ini terdapat beberapa persyaratan yang harus anda penuhi. Menurut syarat sah rukun nikah siri dalam islam adalah menghadirkan calon pengantin baik perempuan maupun laki laki. Kemudian, perlu juga adanya seorang wali nikah dan menghadirkan sedikitnya 2 orang yang berakal, baligh dan pastinya beragama islam. 

Selain itu, mahar juga harus dipersiapkan supaya nikah yang satu ini dapat berjalan lancar. Karena pada suatu akad diperlukan untuk menyebut sebuah maskawin. Perhiasan, Uang, hingga seperangkat alat sholat dapat dijadikan sebuah mahar. Tak hanya itu, harus juga ada yang mengucapkan ijab dari perwakilan wali nikah dan mengucap qabul dari mempelai pria. 

Biaya Jasa Yang Harus Dibayarkan

Jika anda ingin menikah tetapi memiliki kendala untuk melakukan ijab qabul maka anda bisa menyewa jasa nikah siri surabaya. Jasa yang satu ini akan membantu anda untuk melaksanakan pernikahan. Dengan begitu, anda akan tetap bisa melaksanakan pernikahan yang anda rencanakan. 

Akan tetapi, dengan menyewa jasa yang satu ini tidaklah gratis. Terdapat biaya yang harus anda lakukan supaya bisa menikah secara siri menggunakan jasa ini. Biaya yang harus dibayarkan yaitu kurang lebih berkisar antara Rp 500 hingga Rp 1 juta rupiah. Tetapi, nominal tersebut tidak dapat dijadikan acuan karena pasti akan berbeda beda pada setiap penyedia. 

Itulah beberapa informasi fakta menarik mengenai pernikahan siri. Dengan membaca informasi tersebut, semoga dapat memberikan anda gambaran mengenai jenis pernikahan yang satu ini. Dengan begitu anda bisa dengan mudah membedakan nikah siri dan nikah yang resmi. Sehingga anda tidak merasa kebingungan lagi diantara keduanya.  

0 komentar:

Posting Komentar