Selasa, 03 Agustus 2021

Mengenal Komponen Penting dalam Kabel Fiber Optik

Mengenal Komponen Penting dalam Kabel Fiber Optik

Dalam sebuah jaringan komputer, terdapat komponen kabel-kabel yang akan bekerja sesuai dengan spesifikasi masing-masing. Salah satu jenis kabel yang digunakan disebut sebagai optic fiber. Fungsi kabel fiber optik ini adalah menghubungkan komputer satu atau pengguna satu dengan yang lain dalam sebuah lingkup jaringan.

Komponen Optic Fiber

Pada dasarnya jenis kabel ini memang sama seperti kabel-kabel pada umumnya yaitu berfungsi sebagai penghubung. Hanya saja kabel jenis ini memiliki kemampuan transfer yang jauh lebih cepat. Kabel ini juga terdiri dari beberapa komponen di dalamnya. Berikut adalah beberapa komponen penting yang dimiliki oleh jenis kabel ini:

1. Outer Jacket

Bagian paling luar dari kabel ini disebut sebagai outer jacket. Biasanya dikenal juga dengan nama strength member. Sesuai dengan namanya, bagian ini akan menjadi jaket atau pelindung bagian luar kabel. Komponen ini akan menjadi penguat dari komponen-komponen lain yang ada di dalam.

Bisa dikatakan bahwa bagian ini adalah pelindung utama dari sebuah optic fiber sehingga perannya begitu penting. Tugas utamanya yakni menjaga komponen inti kabel agar tidak sampai mengalami kerusakan. Seperti diketahui bahwa inti memiliki tugas utama yang akan berpengaruh langsung pada kinerja kabel.

2. Mantel

Setelah outer jacket ada bagian berikutnya yang dinamai mantel. Bagian ini memiliki fungsi yang hampir sama sebenarnya dengan outer jacket yang sebagai lapisan pelindung. Supaya kabel tidak cepat rusak dan agar inti kabel terjaga dengan baik maka dibutuhkan pelindung yang berlapis-lapis. Adanya mantel ini nanti akan memberi perlindungan lebih kuat dan mempertahankan kualitas transfer data.

3. Cladding

Komponen selanjutnya yang juga mendukung fungsi kabel fiber optik ini adalah cladding. Cladding bisa dikatakan sebagai pelindung yang langsung melindungi bagian inti dari kabel. Dengan kata lain cladding ini merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan inti dari kabel.

Cladding memiliki diameter berukuran 5-250 mikrometer. Selain melindungi inti, cladding ini juga punya fungsi penting lainnya. Fungsi tersebut adalah menjaga agar saat proses transmisi berlangsung, foton tidak sampai terlepas.

4. Inti

Bagian paling dalam dari kabel ini adalah inti yang juga dikenal sebagai bagian terpenting. Bagian inti ini memiliki diameter sebesar 2-5 mikrometer. Perlu diketahui bahwa semakin besar bagian inti maka akan semakin bagus juga kualitas optic fiber yang dimiliki. Inti inilah yang punya fungsi utama dalam proses penghantaran partikel cahaya atau yang dikenal dengan nama foton.

Itulah komponen-komponen yang bisa ditemui dalam kabel fiber optik. Semua komponen ini akan bekerja sama menjalankan fungsi kabel fiber optik dengan baik. Jika salah satu komponen rusak maka kabel tidak akan bekerja optimal melakukan transmisi. Pemakaian kabel yang berkualitas tentu akan menambah lancar proses transfer yang dibutuhkan.

0 komentar:

Posting Komentar