Rabu, 21 Juli 2021

5 Cara Mudah Membersihkan AC di Rumah Anda

5 Cara Mudah Membersihkan AC di Rumah Anda

AC tidak hanya digunakan setiap hari saja, tetapi harus Anda bersihkan secara rutin. Pasalnya, Anda yang tidak rajin membersihkan AC bisa menyebabkan penumpukan debu dan kotoran pada filter AC. Tak heran kalau AC yang menyala tidak mampu menghembuskan udara dingin seperti biasanya. Ada baiknya Anda memiliki jadwal berkala untuk melakukan service berkala di jasa service AC Jakarta Selatan yang terpercaya. 

Langkah membersihkan AC di rumah

Tukang pasang AC Jakarta Selatan akan memberikan rekomendasi cara membersihkan AC di rumah agar AC bisa lebih awet dan tahan lama. Berikut cara membersihkan AC mandiri di rumah dengan peralatan sederhana yaitu :

1. Persiapkan perlengkapan yang dibutuhkan

Anda harus mempersiapkan beberapa perlengkapan untuk bersih-bersih yaitu sikat gigi bekas, kemoceng, obeng, vacuum cleaner, cairan pembersih, lap, air, masker, dan sarung tangan.

2. Buka penutup AC dan bersihkan filter

Buka penutup AC secara hati-hati dan lihat filter yang ada di AC lebih dulu. Bila filter sudah sobek dan rusak, maka segera buang dan ganti dengan produk baru. Bila filter AC masih bagus, ada baiknya Anda bersihkan filter dari debu dan kotoran yang menempel menggunakan sikat gigi bekas, lap basah dan penyedot debu yang sudah disiapkan sebelumnya. 

3. Bisa melepas filter AC

Sebelum mengandalkan tukang pasang AC Jakarta Selatan, bila Anda bisa membersihkan bagian filter AC dengan lap dan penyedot debu, maka bisa mencoba alternatif membersihkan filter dengan merendamnya. Lepas filter AC dan rendam di dalam air yang telah ditambahkan cairan pembersihan untuk membunuh kuman atau bakteri. Jangan lupa untuk menggosok filter AC untuk memastikan tidak ada bagian yang masih kotor. 

4. Keringkan filter AC

Jika Anda sudah yakin filter AC sudah bersih maksimal, keringkan dengan cara mengangin-anginkan sejenak. Cara ini bisa mengeringkan filter AC tanpa risiko kotoran kembali menempel, asal Anda meletakkan filter AC di tempat yang bersih, ya!

5. Mengembalikan filter AC

Selain merendam filter AC, jangan lupa untuk membersihkan bagian-bagian yang lain dengan lap yang sudah dibasahi kain. Setelah filter AC kering, pasang kembali ke AC yang sudah dibersihkan agar bisa menghembuskan udara dingin lebih optimal. 

Anda bisa mengecek kinerja AC dengan menyalakan mesin kembali agar bisa merasakan sensasi dingin yang dihasilkan. Jika sudah terasa dingin dan nyaman, jangan lupa mencuci tangan dan kembalikan perlengkapan yang Anda gunakan ke tempat sebelumnya. 

Beberapa cara membersihkan AC di rumah bisa Anda coba agar bisa melakukan pemeliharaan secara berkala. Bila Anda tidak punya waktu untuk membersihkan filter AC, maka Anda bisa memanggil jasa service AC Jakarta Selatan yang bisa melakukan pekerjaan dengan jaminan hasil yang memuaskan. AC lama Anda yang bermasalah, rusak, tidak menghembuskan udara dingin, dan lain-lain, maka segera perbaiki di jasa service AC yang profesional ya!

0 komentar:

Posting Komentar