Kamis, 03 Juni 2021

Ingin Masuk Ke Sekolah Hacker Online? Yuk Kenali Dulu Serba Serbi Hacktivist

Ingin Masuk Ke Sekolah Hacker Online? Yuk Kenali Dulu Serba Serbi Hacktivist

Dunia hacker memang menarik untuk ditelisik lebih dalam. Termasuk juga informasi menarik dari hacktivist yang merupakan salah satu jenis hacker yang umumnya juga akan diperkenalkan dalam sekolah hacker online. Jika saat ini anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seputar hacktivist, simak ulasan lengkap yang berkaitan dengan serba serbi hacktivist berikut ini.

Apa Itu Hacktivist?

Sebelum membahas tentang hacktivist, ada baiknya anda terlebih dahulu mengenal istilah hacktivism. Istilah ini merupakan salah satu tindakan menyalahgunakan sistem ataupun jaringan komputer untuk alasan politik dan sosial. Individu yang melakukan tindakan hacktivism dikenal sebagai hacktivists. 

Sebenarnya hacktivism ini dimaksudkan untuk menarik perhatian publik terhadap sesuatu yang diyakini oleh para hacktivist sebagai masalah ataupun penyebab penting. Baik dari kebebasan informasi, ataupun kebebasan hak asasi manusia. Perlu diketahui, bahwa cara ini juga dijadikan sebagai upaya mengekspresikan penolakan mereka terhadap suatu hal tertentu. 

Umumnya aktivitas yang dilakukan oleh hacktivists ini, mereka akan menampilkan pesan ataupun gambar yang terlihat jelas di situs web dari organisasi yang diyakini telah melakukan hal yang salah. Dengan begitu, peretas ahli yang biasanya mendapatkan ilmu dari sekolah hacker online pun akan menemukan cara untuk menyalurkan kebebasannya pada organisasi yang dituju. 

Ragam Jenis Hacktivism yang Perlu Diketahui

Dalam melancarkan aksinya, kegiatan dari hacktivism ini akan menggunakan berbagai teknik khusus. Diantaranya seperti mengubah kode situs web ataupun perangkat lunak yang dilakukan untuk menampilkan kesalahan ataupun pesan tertentu kepada siapapun yang telah mengunjungi situs ataupun menggunakan perangkat lunak tersebut. 

Jenis berikutnya yaitu website mirroring. Dalam artian, sistem ini dilangsungkan ketika peretas mereplikasi konten dari situs web yang sah namun dengan penggunaan URL yang tidak jauh berbeda. Biasanya teknik ini akan digunakan untuk menyiasati penyensoran yang memblokir beberapa situs tertentu. 

Jika situs web telah disensor, maka para peretas akan menggandakan konten lalu melaporkannya ke URL yang berbeda di mirror site. Alhasil konten tersebut pun masih dapat diakses oleh pengunjung. Dalam hal inilah, mengapa tempat belajar hacker harus memberikan banyak ilmu baru bagi mereka yang hendak menjadi hacker profesional. 

Contoh Grup Hacktivist

Agar bisa mengetahui lebih lanjut seputar dunia hacktivist, tidak ada salahnya berkenalan dengan salah satu grup hacktivist yaitu Anonymous. Grup ini merupakan kelompok international terdesentralisasi yang sudah menjadi salah satu grup peretas paling terkenal. Dimana Anonymous pertama kali muncul di kisaran tahun 2003 dan menjadi sorotan karena menyerang Gereja Scientology. 

Dari contoh inilah, akan membawa sebagian orang untuk lebih tertarik masuk ke dunia hacktivist. Jika anda salah satunya dan tertarik menjadi hacker, ketahuilah bahwa ada pelatihan atau kursus hacker bernama Course-Net yang sudah membawa ribuan lulusan terbaiknya dan juga telah mendapatkan penghargaan di ajang ECC Global Award 2019. 

Tidak hanya itu saja, keunggulan dari Course-Net lainnya yaitu para peserta akan dibimbing khusus oleh para pelatih atau coach yang merupakan praktisi langsung di dunia industri. Tidak perlu diragukan kemampuannya, sebab semua pelatih yang berada di tempat belajar hacker ini telah memiliki sertifikat internasional dan juga prestasi tingkat dunia yang tak terkalahkan. 

Demikian beberapa alasan penting yang bisa anda jadikan sebagai wawasan mendasar seputar dunia hacker, termasuk di dalamnya yaitu hacktivisit. Jika anda tertarik untuk belajar tentang hacker, bisa mengunjungi website Course-Net.com dan juga mengikuti course lainnya seperti pelatihan Cyber Security.

0 komentar:

Posting Komentar