Sabtu, 12 Juni 2021

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Masakan Dengan Resep Rendang Padang? Cek Disini

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Masakan Dengan Resep Rendang Padang? Cek Disini

Anda pasti sangat familiar dengan makanan rendang khas Padang bukan? Makanan yang pernah menjadi makanan terlezat di dunia pada tahun 2017 berdasarkan voting pembaca internasional CNN diolah dengan bahan alami tanpa pengawet. Anda hanya membutuhkan bahan dasar daging dan resep rendang Padang untuk membuat makanan yang lezat. Berikut ulasan lengkapnya.

Mengenal Makanan Rendang

Setiap makanan khas suatu daerah memiliki keterkaitan dengan suatu hal. Pasalnya, masakan yang pernah ditulis dalam jurnal ‘Rendang” The Treasure of Minangkabau’ ini mulanya dipengaruhi oleh masakan India yang banyak menggunakan rempah. Namun kreatifitas orang minang dalam menghadirkan inovasi membuat rendang berhasil dihadirkan.

Mengulik sejarah ini, kata rendang dihadirkan dari proses pembuatannya. Orang minang yang memasak makanan India kaya rempah berulang kali membuat airnya menjadi hilang. Begitu pula, proses memasak yang membutuhkan waktu lama membuat makanan ini dinamakan rendang yang berasal dari kata ‘meradang’ atau lambat.

Proses memasak dengan daging pilihan dan resep rendang Padang yang kaya rempah membuat jenis makanan ini sebagai salah satu kuliner kehormatan. Masyarakat minang menghadirkan rendang dengan filosofi kesabaran, kebijakan dan ketekunan. Tak ayal jika makanan ini menjadi salah satu identitas makanan khas Indonesia di mata dunia.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Rendang

Masakan paling otentik yang banyak digemari memiliki cara khusus dalam pembuatannya. Anda sangat direkomendasikan untuk menggunakan daging sapi bahan dasar masakan ini. Meski demikian, pemilihan daging untuk menciptakan kenikmatan rasa yang serupa tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda perlu memilih kondisi daging yang pas dalam membuat rendang.

Untuk menghadirkan daging yang lembut, empuk dan tidak mudah hancur, Corporate Executive Chef Prasanthi Hotels and Resort Bahran menyarankan untuk menggunakan daging sapi bagian terluar paha belakang. Selanjutnya, daging ini dipotong mengikuti serat dengan tambahan bumbu rendang padang yang dihadirkan secara alami.

Beberapa bumbu yang sering digunakan untuk membuat makanan ini yaitu bawang merah, bawang putih, cabai, laos, jahe, kunyit, kemiri, kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh, ketumbar, daun jeruk hingga asam kandis. Bumbu yang sudah dibersihkan perlu dihaluskan agar nantinya dimasak menggunakan santan.

Sayangnya, banyaknya bumbu yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini seringkali membuat anda yang masih pemula merasa kerepotan. Anda juga perlu menghaluskan bumbu tersebut dan menghaluskan butiran kelapa agar bisa diambil sarinya menjadi santan yang segar. Begitu pula, proses memasak yang membutuhkan kesabaran agar bumbu meresap wajib anda lakukan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kini anda tidak perlu khawatir. Bumbu praktis farayya dengan rempah pilihan menjadi solusi alternatif untuk membuat makanan ini lebih mudah. bumbu rendang padang yang dihadirkan dalam produk farayya memiliki racikan yang proporsional dalam memasak rendang seenak restoran khas padang.

Dengan memanfaatkan bumbu praktis farayya, anda bisa membuat rendang dengan bahan ¾ kilogram daging sapi, 3 butir kelapa tua yang diolah menjadi santan dan 1 bungkus bumbu praktis farayya. Proses memasak dapat dilakukan dengan menumis bumbu, lalu masukkan daging sapi hingga tercampur.

Selanjutnya, tambahkan sedikit air 300 ml hingga air mulai berkurang. Setelah itu, masukkan santan yang telah disediakan ke dalam adonan hingga masakan mengental dan berwarna hitam. Hal yang perlu diperhatikan dalam proses masakan ini adalah mengaduk rendang setiap beberapa menit guna mencegah overcook.

Itulah beberapa ulasan yang perlu anda ketahui dalam membuat masakan rendang Padang yang nikmat layaknya restoran. Umumnya, masakan ini membutuhkan bahan berupa daging, santan dan berbagai rempah pilihan. Meski demikian, anda bisa memanfaatkan bumbu praktis farayya dalam membuat rendang menjadi lebih mudah.

0 komentar:

Posting Komentar