Minggu, 30 Mei 2021

5 Tips Mudah Agar Kuliah Online Tetap Produktif dan Menyenangkan

5 Tips Mudah Agar Kuliah Online Tetap Produktif dan Menyenangkan

Kuliah online pada saat pandemi yang kamu jalani sekarang memang tidak mudah, terutama bagi kamu yang masih terbiasa dengan pertemuan kuliah melalui tatap muka langsung. Akan banyak hal yang menjadi penghambat dan menurunkan kualitas belajarmu dengan metode pembelajaran seperti ini. Tapi tenang ada tips mudah untuk kamu mengatasinya.

5 Solusi Mudah Agar Perkuliahan Tetap Produktif dan Menyenangkan

1. Menyusun Schedule Perkuliahan

Menyusun jadwal kuliahmu secara rapi sangatlah perlu untuk kamu lakukan. Tak hanya jadwal perkuliahan, deadline tugas serta jadwal kuis dan ujian harus kamu susun dengan tepat ya. Mengapa perlu dilakukan ? Karena kamu tidak dapat bertatap muka langsung dengan dosen dan teman-temanmu, jadi jangan sampai kamu melupakan jadwal penting ini.

Kamu bisa mencatat jadwal ini di note smartphone maupun laptop kamu dan mengaktifkan pengingat berupa notifikasi dan alarm untuk jadwal-jadwal ini. Jangan sampai kamu kelupaan untuk hadir kelas online, tugas yang belum terselesaikan, atau persiapan yang kurang saat kuis dan ujian hanya karena kamu melupakan jadwal-jadwal penting ini.

2. Kerjakan Tugas Tepat Waktu

Selain mencatat deadline tugas, kamu juga harus tetap mengerjakan tugas itu dengan tepat waktu, jangan sampai terlalu mepet deadline ya! Sistem belajar online ini menuntut kamu memiliki inisiatif lebih untuk aktif, jika tidak kamu akan tertinggal banyak materi. Karena bersifat online kamu akan lebih banyak membutuhkan referensi dari e-book dan internet.

Manfaatkan materi yang telsh diberikan dari dosen. Jika kamu belum memahaminya, kamu bisa mencari sumber-sumber lain dari internet sehingga otak kamu akan terlatih untuk mencari dan memahami sebuah informasi. Tentu saja kamu tidak boleh ragu untuk mempertanyakan kebingunganmu pada dosen saat kelas dimulai.

3. Tempat yang Nyaman Untuk Belajar

Sistem pembelajaran ini tentu hanya menuntut kamu untuk duduk dan menatap layar secara terus menerus. Jika terlalu lama tentu kamu akan merasa jenuh dan akhirnya tidak dapat memahami materi perkuliahan dengan baik. Untuk itu suasana yang nyaman harus kamu ciptakan agar kamu bisa lebih produktif.

Mulai dari suasana sekitar tempat belajarmu harus dibuat sekondusif mungkin. Jangan biarkan tempat belajarmu terlalu gaduh, kotor, dan berantakan. Sirkulasi udara yang bagus juga baik agar kamu merasa lebih rileks. Kamu bisa menambahkan sedikit wewangian favoritmu dalam ruangan.

4. Mencatat Hal Penting

Meskipun kamu sedang melakukan kuliah online dan akan mendapatkan file materi pembelajaran langsung, bukan berarti kamu tidak mencatat poin-poin penting dari materi yang disampaikan. Mencatat tetap perlu dilakukan agar kamu tidak melupakan bagian-bagian penting dari materi tersebut.

Tak hanya melalui kuliah tatap muka saja, dengan mencatat dan membuat resume akan membantu proses belajar kamu menjadi lebih efisien. Saat sebelum ujian, tidak mungkin kamu akan membaca semua materi perkuliahan online melalui gadget kamu. Catatan resum akan membantumu dalam mengulang kembali materi-materi yang sudah kamu pelajari.

5. Suasana Belajar yang Menyenangkan

Selain harus membuat tempat belajar yang nyaman dan kondusif, kamu harus membuat mood kamu menjadi lebih baik suasana belajar kamu menjdi menyenangkan. Jika hanya belajar biasa tentu akan membuat kamu merasa jenuh dan bosan sehingga tidak dapat belajar dengan baik.

Tak hanya lingkungan, kenyamanan dari dalam diri juga harus dibentuk. Membersihkan diri sebelum memulai perkuliahan akan membuat badanmu lebih fresh. Jangan lupa untuk sarapan dan kamu boleh menyediakan minum serta cemilan ringan yang cukup agar tubuhmu lebih siap untuk melakukan belajar online.

Itulah tips mudah untuk kamu agar lebih produktif dan menyenangkan meskipun sekarang sedang berkuliah di rumah saja. Semoga tips ini bisa membantu kamu agar tidak merasa jenuh saat sedang belajar. Tetap semangat dalam menggapai impian dan teruslah mempelajari hal baru. 

0 komentar:

Posting Komentar