Sabtu, 06 Maret 2021

8 Tempat Wisata Kuliner Di Bangka Belitung Yang Terkenal Unik Dan Enak!

8 Tempat Wisata Kuliner Di Bangka Belitung Yang Terkenal Unik Dan Enak!

Selain menyajikan pesona keindahan wisata pantainya, wisata kuliner Bangka Belitung yang unik dan enak juga jangan sampai terlewatkan. Ragam kuliner yang menjadi paket wisata Bangka, siap memanjakan lidah saat berlibur disini. Berikut beberapa rekomendasi kuliner Babel yang harus dicoba ketika Anda berada disini!
Tidak Hanya Pantainya Saja Yang Khas, Resep Kulinernya Juga!

1. Lempah Kuning

Belum afdhol rasanya jika kamu belum mencoba lempah kuning saat berlibur ke Bangka Belitung. Lempah Kuning merupakan resep makanan olahan laut seperti ikan kakap atau tenggiri yang berkuah, dan kaya akan rempah-rempah. Potongan nanas yang menjadi topping dalam lempah kuning ini menjadikannya lezat dan unik. 

2. Bakmi Bangka

Diantara kita mungkin sudah sangat familiar dengan bakmi. Pasti dari kita ada yang tidak pernah bosan mencicipi makanan berbahan dasar mie ini. Dimanapun tempatnya, makanan ini selalu hadir di tengah kita. Tapi ada yang unik dari bakmi bangka ini. Kuah yang menyelimuti bakmi ini terbuat dari kuah ikan yang berbeda dengan kebanyakan bakmi yang sering kita makan.
 

3. Otak-otak Bangka

Otak-otak bangka menjadi kuliner paket wisata Bangka yang unik. Pada dasarnya, bahan dasar dari pemnbuatan otak-otak ini sama dengan otak-otak yang biasa kita jumpai, yaitu menggunakan ikan tenggiri. Yang menjadi unik dan khas dari otak-otak ini adalah cita rasa ikan yang menyatu disetiap gigitannya, dan dipadukan dengan sambel khas bangka.

4. Sambel Rusip

Sambel ini menjadi sambel khas di kota Bangka. Pembuatan sambel ini terbilang unik. Terbuat dari ikan yang difermentasikan bersama gula merah dan garam selama minimal tujuh hari. Bau ikan asam yang keluar menandakan proses fermentasi sudah selesai. Paduan jeruk kunci, bawang merah dan cabai membuat sambal ini semakin istimewa dengan kekhasannya.
 

5. Kue Rintak

Kue rintak menjadi makanan khas masyarakat Bangka Belitung. Umumnya orang-orang disini tinggal tidak jauh dengan laut. Kebanyakan dari mereka menyukai kegiatan di petang hari menatap senja, bersantai di pinggir pantai, sembari mendengarkan Lagu Daerah Bangka Belitung dan menyantap makanan khas Bangka Belitung ini. 

6. Kemplang

Kemplang menjadi salah satu makanan yang sering diborong wisatawan untuk jajanan khas oleh-oleh sepulang melancong dari Bangka Belitung. Yang menjadi perbedaan emplang Bangka Belitung dengan emplang Jawa yaitu bahan dasar pembuatannya. Kemplang Bangka terbuat dari tenggiri dengan paduan terasi bercita rasa pedas. 

7.  Belacan Belitung

Kuliner Bangka Belitung memang kebanyakan berbahan dasar hewan laut, karena tempatnya yang memang mayoritas lautan. Jajanan khas ini juga berbahan dasar ikan laut. Hampir sama dengan sambal raup, teknik pembuatan belacan belitung ini dengan cara fermentasi. Jajanan ini juga menjadi makanan paket wisata bangka yang sering diincar para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh.

8. Berego

Jika dilihat secara sekilas, berego ini mirip dengan makanan lontong. Yang menjadikan makanan ini khas dan berbeda dari lontong yaitu, bahan dasar pembuatannya. Kalau kita tahu sendiri, lontong terbuat dari beras yang diaron menjadi nasi, berego ini berbahan dasar tepung beras yang dicampur dengan tepung sagu. 

9. Pletek

Dari namanya saja sudah unik bukan. Pletek ini juga menjadi menu unggulan untuk para wisatawan yang ringan dan renyah. Pletek merupakan camilan khas Bangka Belitung sejenis kerupuk dengan tekstur ringan dan bercita rasa gurih. Pletek ini juga bisa menjadi opsi untuk Anda apabila ingin membeli oleh-oleh khas Bangka untuk sanak saudara.

Banyak sekali bukan, ragam kuliner khas Bangka Belitung yang siap memanjakan lidah Anda. Pesona Bangka Belitung yang kaya akan sumber daya alamnya yang melimpah ini memang tidak pernah mengecewakan para pengunjungnya. Jika Anda memiliki lebih banyak waktu untuk berlibur dan mengunjungi Bangka Belitung, jangan lupa mengunjungi kuliner khasnya juga ya!

0 komentar:

Posting Komentar