Senin, 01 Maret 2021

8 Langkah Penting Efektif Dalam Memulai Bisnis Online Shop Anda

8 Langkah Penting Efektif Dalam Memulai Bisnis Online Shop Anda

Dewasa ini, platform bisnis online sangat diminati oleh pelaku usaha yang ingin merintis usaha. Hal tersebut dikarenakan berjualan dengan sistem online dirasa lebih efektif dibandingkan dengan jualan secara konvensional. Ketika berjualan secara online, penjual tidak perlu mengeluarkan budget untuk membayar sewa sebuah tempat untuk berjualan. 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Berjualan Online

1. Temukan Produk yang Tepat untuk Anda Jual

Dalam berjualan online, tentu terdapat beberapa resiko yang akan terjadi, salah satunya yaitu proses pengiriman. Anda harus mempertimbangkan apakah barang yang Anda jual sampai kepada konsumen dengan aman. Anda harus mengetahui dengan detail barang yang akan Anda jual. Pemahaman tersebut akan membantu Anda untuk mengetahui kualitas produk yang akan Anda jual.

2. Pentingnya Meriset Kompetitor

Cara untuk mengetahui kompetitor usaha online Anda yaitu dengan meriset, bagaimana kompetitor tersebut menjual produk secara online. Anda bisa melihatnya di platform market place seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain. Dengan meriset kompetitor, Anda bisa mengetahui kelemahan dari produk kompetitor sehingga dapat dijadikan sebagai keunggulan bisnis Anda.
 

3. Yakinkan Orang dengan Membuat Brand Produk yang Meyakinkan

Kepercayaan orang untuk membeli produk online Anda terbangun dari citra bisnis itu sendiri. Tidak sedikit orang yang memberikan nama Brandnnya dengan penamaan yang asal-asalan. Lihat saja brand-brand yang besar seperti Nike, atau KFC. Nama produk tersebut begitu melekat di pikiran masyarakat. Serta kualitas dari produk juga membuat orang percaya untuk membelinya. 

4. Penting untuk Membuat Website atau Media Sosial

Anda membutuhkan website atau media sosial untu menjadi toko yang bisa memberikan penawaran baik itu dibidang barang maupun jasa. Untuk Anda yang tertarik membuka bisnis online agen travel wisata, akun media sosial seperti Instagram juga sangat penting sebagai media promosi review kegiatan Anda bersama pelanggan yang telah mencoba jasa Anda. 

5.  Pelanggan Setia Wajib Dipertahankan

Apabila Anda sudah memiliki pelanggan setia, penting bagi Anda untuk menjaga hubungan dengan pelanggan-pelanggan. Hal tersebut akan memudahkan Anda untuk melakukan promosi produk. Cara lain untuk memperthankan pelanggan dengan memberi reward, seperti diskon atau bonus produk. Kiat ini cukup efektif untuk mendapatkan pelanggan setia. 

6. Buat Promosi Gratis Hingga Berbayar

Kini, media sosial seperti Instagram dan Facebook menawarkan fitur Ads atau iklan berbayar untuk Anda yang menginginkan usaha Anda makin dikenal.  Sebagai contoh jika Anda memiliki usaha dibidang perhotelan, Iklan di media sosial dapat menjadi kiat untuk jangkauan akun media sosial Anda. Sehingga memungkinkan lebih banyak orang untuk mengetahui hotel untuk penginapan di suatu tempat wisata.

7. Sering Posting Konten Visual yang Menarik dan Ciamik

Media sosial dan konten visual ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Sebagian orang yang menggunakan media sosial adalah mereka yang sedang mencari hiburan. Terlebih jika Anda memiliki bisnis dibidang jasa seperti jasa tour and travel atau tempat penginapan. Posting foto atau video visualisasi beragam destinasi menarik yang siap pelanggan Anda coba sewaktu liburan.  
  

8. Target Pasar yang Tepat

Tujuan target pasar ini untuk mengarahkan kegiatan pemasaran agar sesuai dengan pendapatan, gaya hidup mereka. Contoh, banyak agen wisata yang menawarkan beragam pilihan paket wisata disesuaikan dengan tingkat pendapatan konsumen yang berbeda, perbedaan tersebut mungkin terletak pada fasilitas selama berada di tempat wisata yang berbeda-beda.  

Itu tadi sejumlah langkah efektif yang perlu Anda lakukan dalam memulai usaha online. Inovasi harus selalu dikembangkan terutama pada teknik pemasaran, kualitas produk hingga pelayanan pelanggan. Pastikan Anda juga memilih supplier terbaik yang tepat, dengan bergabung bersama jutaan reseller lainnya di belitungstore.com. Jangan ragu untuk mencoba hal baru, termasuk juga dalam berbisnis.

0 komentar:

Posting Komentar