Jumat, 01 Januari 2021

Ingin Membuat Kumpulan Puisi yang Baik dan Benar Ala Kahlil Gibran? Yuk Simak Disini!

Ingin Membuat Kumpulan Puisi yang Baik dan Benar Ala Kahlil Gibran? Yuk Simak Disini!

Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang mana dihasilkan dari ungkapan atau perasaan seseorang dengan bahasa yang terikat bait, irama, rima, matra, dan penyusunan lirik. Pastinya, karya sastra yang satu ini dibuat dengan penuh makna. Lalu bagaimana cara membuat kumpulan puisi yang baik dan benar? Yuk cek cara ala kumpulan puisi Kahlil Gibran berikut ini!
 

Cara-Cara Membuat Puisi Ala Kahlil Gibran yang Baik dan Benar

1. Menentukan Apa yang Hendak Disampaikan

Cara yang pertama adalah dengan menentukan apa yang ingin disampaikan pada puisi tersebut. Apabila hanya membuat puisinya dengan begitu saja tanpa mengetahui poin apa yang akan ditonjolkan pada puisinya, maka puisi yang anda buat tidak memiliki makna. Walaupun puisi itu merupakan kata-kata yang indah, namun jika tidak ada pesan yang tersirat maka akan membingungkan pembacanya.

Cobalah untuk mencari inspirasi agar dapat menemukan apa saja yang akan disampaikan dalam puisi anda. Anda bisa mencari inspirasi untuk kumpulan puisi anda pada lingkungan sekitar, cerita teman, dan pengalaman pribadi anda untuk menyegarkan otak anda agar dapat menemukan ide puisi yang bagus. Sesuai yang dijelaskan diatas, puisi yang menarik adalah puisi yang bermakna.

2. Membangun Suasana

Setelah dapat menemukan pesan apa yang akan disampaikan pada puisi anda, membangun suasana sangatlah penting. Apakah suasana pada puisi anda tersebut penuh semangat, putus asa, sedih, senang, romantis, atau sebagainya. Biasanya banyak puisi-puisi karya Kahlil Gibran yang memiliki nuansa mistis.

Adapun cara-cara untuk membangun suasana dalam puisi. Jika anda ingin membuat nuansa penuh semangat, anda bisa menggunakan huruf “a” terutama pada ujung kalimatnya. Tidak perlu kalimat yang panjang, gunakan kalimat tunggal yang pendek saja. Selain itu, Sastrawan besar Indonesia seperti W.S Rendra biasanya banyak menggunakan huruf “i” agar menciptakan suasana yang romantis.

Anda dapat mempelajari lebih dalam mengenai pembuatan puisi bersuasana romantis dengan menilik puisi cinta Kahlil Gibran yang berjudul “Cinta yang Agung”, “Aku Berbicara Perihal Cinta”, “Nyanyian Sukma”, dan masih banyak lagi. Anda dapat menganalisanya dengan memahami isi pada puisi-puisi tersebut. 

3. Memilih Kata Judul Puisi yang Tepat

Judul pada puisi bisa penjang maupun pendek. Hal ini tergantung pada nilai seni dan kebutuhannya. Seperti halnya puisi karya Kahlil Gibran dengan judul “Sayap-Sayap Patah” ini tidak memiliki judul yang panjang, namun puisi tersebut mempunyai nilai yang sangat tinggi. Disamping itu, puisi W.S Rendra yang berjudul “Seonggok Jagung” juga memiliki judul pendek tapi bermakna. 

Anda dapat mempertimbangkan cara-cara pembuatan judul yang tepat seperti membuat judul dalam bentuk sebuah kalimat, membuat 5 judul menggunakan kalimat lain dengan ide yang sama, dan terakhir memilih salah satu judulnya yang menurut anda bagus. Anda bisa memilih yang tebaik dari semua judul dengan memperhatikan standar seni agar menarik pembacanya. 

4. Menemukan Kata yang Indah

Disamping karya puisi dengan suasana mistisnya, Kahlil Gibran juga memiliki karya puisi yang romantis. Puisi Cinta Kahlil Gibran tersebut pastinya sangat menarik dan mengandung kata-kata yang indah. Ada salah satu cara yang diajarkan Kahlil Gibran untuk mencari kata yang indah yakni dengan membuat turunan katanya. Seperti pada kata “pohon”, anda harus mengingat akarnya atau bagain lainnya.

Nah, itulah beberapa cara untuk membuat puisi-puisi yang bagus ala Kahlil Gibran. Dengan cara-cara yang mudah tersebut akan dapat membantu anda dalam proses belajar membuat puisi. Jangan hanya membaca informasi ini, melainkan anda juga harus mempraktekkannya agar bisa menciptakan puisi yang baik dan benar.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar