Kamis, 29 Oktober 2020

Yuk Intip Lingkungan Belajar Di Tanoto Foundation

Yuk Intip Lingkungan Belajar Di Tanoto Foundation

Kualitas pendidikan yang baik akan mampu mempengaruhi peningkatan taraf hidup masyarakat. Hal itulah yang mendasari Tanoto Foundation untuk mengembangkan beragam program bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Terdapat beberapa lingkungan belajar yang dihadirkan oleh lembaga filantropi ini. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini.

Lingkungan Pembelajaran Lembaga Filantropi Terbaik 

1. CHaMP Atau Child and Maternal Health Program

Program ini juga masuk dalam jajaran lingkungan belajar untuk anak usia dini. Namun, CHaMP lebih fokus pada pengembangan dan penelitian untuk kesehatan ibu dan anak usia dini di Singapura. Dalam program tersebut, dimaksudkan untuk mendorong pola pikir masyarakat agar lebih inovasi.

Selain itu, yang menjadi fokus lain dari program kerja CHaMP adalah untuk menjembatani kesenjangan pada penyebaran ilmu pengetahuan, serta pendidikan pada masyarakat. Tak hanya itu, dari fasilitas penelitian dan pendidikan yang dihasilkan oleh program ini, diharapkan mampu mengembangkan usaha rintisan untuk masyarakat.

2. HOPE 

Harnessing Opportunity through Parenting and Education atau yang lebih dikenal dengan HOPE merupakan program lingkungan belajar untuk anak usia dini. Perlu diketahui, selain tersebar di berbagai kota besar di Indonesia, Tanoto Foundation yang didirikan oleh bapak Sukanto Tanoto, juga tersebar di beberapa Negara ASIA, seperti Singapura dan Tiongkok.

Jika di Singapura, program anak usia dini diberi nama CHaMP. Sedangkan di Tiongkok, program tersebut diberi sebutan HOPE. Dengan program tersebut, diharapkan mampu meningkatkan keterampilan pengasuhan anak usia 0 hingga 3 tahun, yang berada di pedesaan. HOPE akan memfasilitasi anak untuk belajar dan bermain ada lingkungan yang aman.

3. PINTAR atau Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran

Pada program sebelumnya diperuntukkan bagi anak di usia dini. Sedangkan, pada PINTAR dikhususkan untuk anak yang berada di tingkat sekolah dasar. Dalam hal ini, organisasi filantropi tersebut berupaya untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pembelajaran di tingkat pendidikan dasar. Salah satu langkah yang diambil adalah gerakan budaya membaca.

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, organisasi ini bekerja sama dengan beberapa sekolah mitra, pemerintah, lembaga pelatihan guru, serta asosiasi lainnya. Kerja sama yang dijalankan tersebut, sebagai upaya untuk menyebarkan program atau praktik yang baik dalam hal pembelajaran di tingkat sekolah dasar.

4. SIGAP Atau Siapkan Generasi Anak Berprestasi

Tujuan utama dari didirikannya organisasi filantropi ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan, sehingga setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensinya. Dengan pendidikan yang berkualitas, diharapkan mampu membawa taraf hidup individu berubah ke arah yang lebih baik.

Maka dari itu, agar dapat menyentuh semua lapisan masyarakat, khususnya yang berada di garis kemiskinan, lembaga organisasi tersebut menciptakan beberapa lingkungan pembelajaran. Salah satu tempat belajar yang dibawakan oleh organisasi ini adalah SIGAP, yang diperuntukkan bagi pendidikan anak usia dini di Indonesia.

Program tersebut dirancang untuk mengembangkan sumber daya manusia sejak dini, melalui pengasuhan secara holistik. Baik dalam segi kognitif, motorik, sosio-emosional, bahasa maupun kesehatan mental. Dengan demikian, setiap anak yang berusia 0 hingga 6 tahun, dipastikan mempunyai kesempatan untuk menikmati pendidikan berkualitas yang sama.

Tanoto Foundation percaya bahwa stimulasi pada anak usia dini adalah investasi terbesar dalam proses tumbuh kembang anak, salah satunya dengan membangun budaya membaca. Kepercayaan ini mendorong Tanoto Foundation untuk menggagas gerakan/kampanye #IndonesiaCintaMembaca.

Jangan lupa Moms juga bisa ikutan lho kegiatan seru kompetisi sharing Momen baca bersama yang diadakan oleh Tanoto Foundation dan hadiahnya seru banget. Kompetisi berlangsung sampai bulan Desember 2020. Cek highlight #MomenBaca di IG : @tanotoeducation atau untuk informasi lebih lanjut di https://tanotofoundation.org/id/news/kompetisi-momenbacabersama-dapatkan-.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar