Senin, 31 Agustus 2020

14 Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Anda Sediakan

14 Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Anda Sediakan

Persiapan daftar perlengkapan bayi dapat dilakukan menjelang hari kelahiran. Hal ini bahkan dapat menjadi salah satu aktivitas relaksasi karena dapat menimbulkan perasaan senang bagi ibu. Apabila jenis kelamin sudah diketahui, maka persiapan ini akan lebih mudah. Adanya daftar ini mengantisipasi agar tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Daftar Perlengkapan Bayi Primer

1. Baju Bayi

Baju bayi yang dipersiapkan tidak perlu dalam jumlah banyak, karena pertumbuhan bayi yang baru lahir akan sangat cepat, sehingga hanya akan dipakai sementara. Baju yang dapat dipersiapkan diantaranya baju lengan panjang, baju lengan pendek, kaus dalam, jumper, dan cardigan rajut.

Bahan kain pada baju juga perlu diperhatikan agar nyaman dipakai, seperti bahan katun agar tidak panas saat dipakai. Penting juga untuk menghindari ornamen yang dijahit sampai bagian dalam baju, karena dapat membuat iritasi pada kulit.

2. Celana Bayi

Cukup sediakan celana panjang, celana panjang tutup kaki, dan celana pendek dengan karet yang tidak begitu kencang, sehingga nyaman digunakan.

3. Kaus Kaki Bayi

Untuk menjaga kehangatan, bayi dapat dipakaikan kaus kaki agar telapak kakinya tertutup. Perhatikan ukuran kaus kaki serta bahan yang lembut agar nyaman dipakai.

4. Selimut Bayi

Selimut yang terlalu tebal dapat menyebabkan bayi keberatan, cukup gunakan selimut berbahan lembut dan memiliki ukuran yang sesuai. Anda juga dapat memilih motif yang menarik, agar bayi tertarik perhatiannya ketika mengenakannya.

5. Sarung Tangan Bayi

Pilih sarung tangan yang menggunakan bahan katun yang lembut dan hindari bahan wool, karena bahan wool mudah terlepas seratnya dan rawan tersangkut pada kuku bayi. Sarung tangan cukup digunakan ketika sedang cuaca dingin.

6. Popok Bayi

Anda juga harus menyediakan popok bayi berbahan kain, di samping popok bayi sekali pakai, agar dapat digunakan kembali setelah dibersihkan.

7. Tisu Basah

Gunakan tisu basah khusus bayi untuk membersihkan mulut bayi maupun kotoran pada kulit bayi.

8. Handuk

Handuk juga perlu masuk dalam daftar perlengkapan bayi yang perlu dipersiapkan. Anda perlu menyediakan setidaknya 3 lembar agar dapat digunakan secara bergantian ketika salah satu kotor atau sedang dicuci.

Pilih ukuran yang sesuai dengan tubuh bayi, kain yang dapat menyerap air dengan baik, serta memiliki bahan yang halus sehingga tidak berpotensi menyebabkan iritasi.

9. Kain untuk Membedong

Walaupun bayi tidak selalu dibedong, Anda tetap perlu menyiapkannya, karena selain untuk membedong juga dapat digunakan untuk selimut ataupun alas kasur. Anda perlu menyiapkan setidaknya satu lusin untuk berjaga-jaga apabila cucian belum kering ketika memasuki musim hujan.

10. Bantal Bayi

Anda perlu memilih bantal yang memiliki cekungan pada bagian tengah guna menghindari peyang.

11. Perlak Bayi

Perlak diperlukan agar air seni tidak langsung meresap pada kasur, melainkan di atas alas tahan air (perlak).

12. Minyak Telon

Anda dapat menggunakan Sleek Baby Telon Oil untuk menghangatkan tubuh bayi dan memperlancar aliran pernafasan.

13. Sabun Bayi

Pilih sabun yang tidak berpotensi terlalu banyak menimbulkan busa, melainkan memilih sabun yang memiliki anti bakteri dan memiliki kandungan yang dapat melembabkan kulit.

14. Sampo Bayi

Sampo bayi juga masuk dalam daftar perlengkapan bayi yang perlu dipersiapkan. Sleek Baby Hair & Body Foamy Wash dapat digunakan sebagai sabun sekaligus sampo bagi bayi. Produk ini mempunyai sifat hypoallergenic sehingga aman bagi bayi dan tidak pedih apabila mengenai mata bayi.

Beberapa kebutuhan di atas setidaknya harus dipersiapkan sejak dini dan masuk dalam daftar perlengkapan bayi, sedangkan kebutuhan lain dapat menyusul seiring bertambahnya usia bayi.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar