Jumat, 14 Februari 2020

Tips Perawatan Ban dan Mesin Traktor Agar Awet

Traktor

Perlu Anda ketahui bahwa traktor juga perlu perawatan yang baik agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Salah satu komponen penting traktor adalah ban. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih tempat jual ban traktor terbaik untuk mendukung performa dan menjaga keawetan traktor Anda.

Anda bisa temukan ban traktor berkualitas di Berkat Partindo Abadi yang juga jual ban forklift dan ban kendaraan berat lainnya. Seperti yang kita ketahui traktor seringkali digunakan oleh para petani untuk membajak sawah. Harga traktor ini tidaklah murah, maka Anda wajib merawat dengan benar. Nah, selain perawatan ban, ada tahapan lain yang harus Anda lakukan, diantaranya adalah.

Periksalah oli dan cairan lainnya secara teratur

Sebagian besar orang mengira bahwa penggunaan traktor diukur dalam hitungan kilometer, sehingga mereka sering kali salah dalam menakar jumlah penggunaannya. Apabila terjadi kebocoran pada komponen traktor, maka dapat menyebabkan suku cadangnya menjadi rusak. Oleh karena itu, periksalah komponen-komponen yang ada pada traktor Anda secara berkala.

Pantaulah sabuk dan slang

Traktor yang tidak dilengkapi dengan sistem hidrolik biasanya memiliki tekanan slang atau pipa yang tinggi. Apabila terjadi kerusakan pada saluran cairan tersebut, maka dapat menyebabkan komponen yang lain pun mengalami kerusakan.

Jaga agar sambungan rem tetap terlumasi dengan baik

Beberapa traktor memiliki rem mekanis yang dapat dioperasikan oleh sambungan dan sistem CAM. Rem ini terletak di bagian belakang traktor dan berfungsi secara independen, sehingga dapat digunakan untuk menyetir traktor di sudut yang sempit atau bergerak mundur. Pedal rem akan berpaut pada saat traktor berjalan, sehingga dapat mencegah salah satu pedal tanpa sengaja aktif dan traktor tidak dapat berputar ketika melaju dalam kecepatan tinggi.

Lumasi Traktor

Traktor memiliki banyak bagian bergerak yang membutuhkan lebih banyak pelumasan daripada mobil biasa. Jika Anda melihat bagian traktor yang bergerak, cari fiting minyak, dan lumasi. Gunakan pistol pelumas, bersihkan fiting, pasang slang, dan pompa minyak sampai segel terkait mulai mengembang, atau minyak tampak meluber dari bagian yang dilumasi. Cari fiting minyak di komponen sambungan setir, rem, dan kopling, serta titik pivot hitch tiga titik.

Cek filter secara teratur

Sebagian besar sistem yang ada pada traktor dilengkapi dengan filter untuk melindunginya dari berbagai kotoran, air, atau kontaminan lain yang dapat merusak traktor.

Cek filter udara secara berkala

Traktor sering kali digunakan di tempat yang kotor. Pada beberapa kasus, filter yang ada pada traktor harus dibersihkan sesering mungkin. Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan shop vacuum atau udara terkompresi. Gantilah filter udara tersebut jika sudah tidak bisa dibersihkan atau rusak.

Periksalah layar radiator

Ketika beroperasi, traktor biasanya akan menumpuk banyak puing-puing di bagian radiatornya. Hal ini bisa saja menyebabkan radiator tersumbat tumbuhan, serangga atau serbuk sari. Oleh karena itu, sebaiknya periksalah layar radiator secara berkala agar traktor Anda tidak cepat rusak.

Selalu jaga kebersihan traktor

Menjaga kebersihan traktor dapat membantu Anda untuk menemukan berbagai komponen yang mengalami kerusakan, sehingga Anda bisa memperbaikinya sebelum traktor tersebut benar-benar rusak.

Lindungi traktor ketika tidak digunakan

Salah satu hal yang tidak boleh Anda abaikan dalam perawatan traktor adalah tetap melindunginya meskipun sedang tidak digunakan. Anda bisa menutupnya dengan menggunakan terpal agar traktor Anda tidak terkena panas dan hujan. Sebab, kedua hal tersebut dapat membuat traktor mengalami kerusakan lebih cepat.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar