Biar Gak Ketipu, Cermati Tips and Trik Memilih AC Bekas Berikut Ini!

AC
Sumber: pinterest.com
AC atau Air Conditioner adalah barang elektroACnik yang mampu memberikan udara segar di sekitar ruangan dan dapat disesuaikan dengan memakai remote control. Semakin berkembangnya zaman, harga AC pun kini semakin beragam. Mulai dari harga Rp 2 jutaan hingga puluhan juta rupiah. Untuk spesifikasinya sendiri pun berbeda-beda, tergantung dengan merk AC yang dipilih. Harga AC yang kadang tidak pas di kantong konsumen kerap membuat mereka memilih cara alternatif untuk mendapatkan AC dengan harga miring, yaitu dengan membeli AC second atau bekas. 

Namun, saat memilih AC bekas berkualitas tentunya perlu ketelitian dan beberapa tahapan. Karena membeli AC dengan asal-asalan bukannya menguntungkan tapi nantinya malah merugikan. Sudah mengeluarkan uang tabungan, eh tahunya barangnya tidak memuaskan. Untuk itu, bagi kamu yang berencana membeli AC bekas, ada baiknya simak beberapa tips and trik memilih AC bekas supaya gak tertipu berikut ini.

1. Periksa Perlengkapan AC-nya

Sumber: pinterest.com
Sebelum membeli AC bekas, perhatikan dulu perlengkapan-perlengkapan AC second-nya, apakah masih lengkap atau tidak. Kalau masih lengkap maka bisa kamu pertimbangkan dan kalau tidak ada kamu yang harus membelinya lagi perlengkapan yang tidak lengkap tersebut. Oh iya, tanyakan juga apakah AC Daikin 1 PK tersebut masih ada garansinya atau tidak. Jika ada, maka mintalah si penjual untuk memperhatikan garansinya, apakah masih berlaku garansinya atau tidak.

2. Cek Kondisi Body AC Bekas

Sumber: pinterest.com
Setiap ingin membeli barang bekas tentunya perlu dilakukan pengecekan pada bagian body-nya. Begitu pula dengan AC second, pengecekan bisa dilakukan pada fisiknya, apakah terdapat cacat.  Dan kalau ada, kamu bisa tanyakan kepada si penjualnya kenapa barang tersebut bisa cacat. Kalau terdapat goresan sedikit di body-nya itu masih tahap wajar. Namun, kalau ada retak maka wajib kamu tanyakan kepada si penjual dan bisa kamu pertimbangkan.

3. Periksa Suara AC Bekas

Sumber: pinterest.com
Kalau AC berjalan dengan normal, bukan berarti barang tersebut baik. Kamu juga harus memastikan jika suara AC bekas tersebut mulus dan juga tidak mengeluarkan suara yang aneh dari biasanya. Kalau kamu merasa ada suara yang tak enak di dengar dari AC, maka kamu patut mencurigai barang tersebut dan bisa menanyakan langsung kepada si penjualnya. 


4. Cek Seluruh Bagian Outdoor AC

Sumber: pinterest.com
Kamu pastinya pernah melihat beberapa bagian yang dipasang diluar ruangan, bukan? Nah, jangan lupa cek juga bagian seperti kompresor AC-nya, apakah masih dalam kondisi utuh atau tidak. Setelah itu, lanjutkan ke bagian kondensornya, apakah terdapat kebocoran atau tidak. Transfer listrik antara indoor dengan outdoor juga tak kalah pentingnya, cek apakah terhubung dengan baik apa engga.

5. Periksa Kinerja dari AC Bekas

Sumber: pinterest.com
Selanjutnya, periksa juga kinerja pada AC, apakah AC Panasonic 1 PK berjalan dengan baik apa tidak. Lakukanlah beberapa kali tahap percobaan sebelum memastikan membawa pulang AC bekas tersebut. Dengan begitu kamu pun bakalan tahu AC tersebut masih layak pakai apa tidak. 

6. Waspadai Harga AC yang Dibanderol Penjual

Sumber: pinterest.com
Tahapan yang satu ini juga tak kalah pentingnya, karena masih banyak para penjual yang kadang membanderol harga murah untuk menarik minat para konsumen supaya mereka terpengaruh dengan harga murah yang diberikan. Barang mahal itu tidak selalu bagus dan barang murah juga tak selalu baik. Jadi, intinya kamu harus pintar-pintar memilih barang tersebut dan jangan tergiur dengan harga murah. Pastikan selalu untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum melakukan transfer dengan si penjual.

Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kalian dalam memilih AC bekas agar gak kena tipu oleh para penjual yang tak bertanggung jawab.

0 komentar:

Posting Komentar