Sabtu, 18 Januari 2020

Tips Mengelola Keuangan dengan Bijak untuk Masa Depan

Mengelola Keuangan

Banyak orang yang hingga saat ini masih mengabdi menjadi karyawan. Karyawan dengan gaji yang pas-pasan dan sangat berisiko karena kamu tidak boleh absen sedikitpun. Maka dari itu, dengan uang yang pas-pasan, kamu harus mengetahui Tips Mengelola Keuangan supaya kebutuhan pokok keluarga terpenuhi dan menjamin cadangan uang di hari tua.

Sebagian besar dari kamu pasti memiliki impian dan keinginan, namun belum pernah tahu bagaimana Tips Mengelola Keuangan dengan baik agar bisa mencapai itu semua. Lalu bagaimana cara mengatur keuangan yang dapat kamu lakukan agar bisa mencapai itu semua? Nah, berikut ulasannya.

Menabung

Menabung merupakan langkah awal untuk berjaga-jaga terhadap apa yang akan terjadi ke depannya. Orang yang menabung adalah orang yang sudah terbukti jika mereka mampu mengelola keuangan dan mampu menahan diri dari godaan.

Buat Anggaran Bulanan Pribadi

Dari segala sesuatu yang ada di dunia ini, hal yang paling jarang kamu lakukan adalah membuat anggaran bulanan. Hal ini biasa dilupakan karena kamu selalu berpikir jika pengeluaran kamu selalu bisa kamu atasi. Padahal masih banyak kesalahan yang kamu lakukan dalam pengaturan keuangan setiap bulannya.

Mengendalikan Diri

Mulai sekarang, kendalikan diri kamu. Jangan sampai kamu terus saja membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan atau belum dibutuhkan. Mulailah membuat skala prioritas. Buatlah list belanja dan tentukan mana kebutuhan yang penting dan terdesak dan mana yang tidak penting dan tidak terdesak. Jika kamu ingin sukses menabung, kamu harus pandai mengendalikan diri.

Passive Income

Ini adalah cara yang paling nikmat. Siapa yang tidak ingin mendapatkan uang yang banyak namun tetap mempunyai waktu luang yang sangat banyak untuk keluarga. Caranya adalah dengan mencari pendapatan pasif (passive income). Passive income adalah sumber pendapatan yang tidak membutuhkan kerja keras dari kamu namun tetap mendapatkan uang.

Salah satu sumber passive income yang cukup baik yaitu bunga deposito, royalty, sewa property, dan franchise. Sebaiknya kamu harus memiliki salah satu dari sumber pendapatan pasif tersebut. Karena misalnya jika kamu sakit, sumber pendapatan itu tetap mengalir dengan deras.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar