10 Cara Mudah untuk Merawat Kendaraan Roda Dua Ketika Musim Hujan Tiba

astramotor.co.id
Setiap akhir tahun di Indonesia mengalami yang namanya musim hujan. Untuk itu pemilik kendaraan bermotor diharuskan melakukan perawatan ekstra untuk mencegah terjadinya kerusakan serius pada sepeda motor akibat musim hujan yang terjadi.

Berikut ini beberapa tips sederhana yang perlu kamu ketahui untuk merawat sepeda motor milikmu.

1. Setelah Terguyur Air Hujan, Ada Baiknya Kamu Langsung Mencuci Sepeda Motor Milikmu

gridoto.com
Usahakan setelah motor terkena air hujan kamu langsung mencucinya. Kenapa harus langsung mencuci? Karena asam pada kandungan air hujan dapat menyebabkan motormu cepat berkarat. Maka dari itu,  jika kamu tidak sempat mencuci motor alangkah baiknya kamu membilas dengan air.

2. Cek Tekanan Ban Motor Setelah Menerobos Genangan Air Hujan

planetban.com
Kurangnya tekanan udara dapat menyebabkan ban motor milikmu menjadi lebih berat dan mempercepat permukaan ban motor menjadi lebih cepat tipis.

3. Periksa Kampas Rem

otomotif.kompas.com
Guyuran air hujan yang mengandung lumpur dan pasir dapat menumpuk di kampas rem. Maka dari itu apabila tidak segera dibersihkan piringan cakram akan cepat rusak. Karena kotoran menumpuk di kampas rem bergesekan dengan sebuah piringan cakram.

4. Busi Dan Tutup Busi

liputan6.com
Busi motor merupakan bagian terpenting pada komponen motor. Tanpa busi, sepeda motormu tidak bisa berjalan. Untuk itu ada baiknya kamu melakukan penggantian atau pengecekan secara rutin. Kamu dapat melakukan pengecekan dengan cara membuka tutup busi kemudian membersihkan kotoran serta air pada tutup busi.


5. Saringan Udara

dream.co.id
Pastikan kamu melakukan pengecekan pada saringan udara sepeda motor milikmu. Karena apabila saringan udara pada motor tersumbat atau basah maka ruang bakar pada bagian mesin akan terganggu dan membuat performa pada sepeda motor terasa berat.

6. Sistem Penerangan 

otosia.com
Fungsi penerangan adalah merupakan salah satu alat sebagai media komunikasi antar para pengemudi kendaraan baik roda dua maupun roda empat agar tetap menjaga keselamatan dan ketertiban bersama. Apalagi saat hujan deras terjadi kamu perlu memastikan penerangan pada lampu kendaraanmu dalam keadaan baik.

7. Kabel Konektor

shopee.co.id
Jika motor kamu mempunyai body yang terbuka pastikan kabel yang terhubung terhindar dari air. Karena apabila kabel konektor motor milikmu terkena air akan menyebabkan konslet dan membuat komponen lainnya terganggu.

8. Knalpot

kumparan.com
Kotoran yang disebabkan oleh air hujan bukan hanya mengotori bagian spakbor dan body motor saja, tapi juga mengotori bagian dalam pada knalpot. Maka oleh itu, ada baiknya kamu membersihkannya dengan mencuci sepeda motor milikmu. Agar sistem pembuangan knalpot tetap berfungsi secara baik.

9. Injak Pedal Rem Motor Setelah Hujan Agar Kanvas Rem Tidak Kering

gridoto.com
Kotoran bisa  menyebabkan rem lebih keras ketika pedal motor di injak. Karena rem akan langsung terbuka ketika genangan air secara tidak langsung masuk ke dalam disk cakram. Oleh karena itu, pastikan kamu memeriksa rem dengan cara membersihkan dan dengan cara menginjak pedal sepeda motor agar kanvas rem motor mu tidak kering dan performa kendaraan jadi lebih enteng.

10. CVT

liputan6.com
Jika kamu pengguna sepeda motor matic sangat dianjurkan untuk menghindari genangan air yang dalam seperti banjir. Karena akan menyebabkan mesin terendam dan mengakibatkan kerusakan pada bagian area CVT tidak dapat berfungsi lagi  karena adanya kerusakan.

Itu dia 10 teknik perawatan pada sepeda motor ketika musim hujan telah tiba. Untuk menghindari kerusakan yang lebih parah alangkah baiknya kamu menservice sepeda motor milikmu secara berkala, ya. Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga selalu bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar