Jenis-Jenis Sabun Mandi Bayi

Jenis-Jenis Sabun Mandi Bayi

Memilih sabun mandi untuk bayi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Iritasi, kulit kering dan timbulnya ruam adalah efek samping yang dapat muncul akibat salah memilih sabun mandi untuk bayi. Oleh karena itu, ketepatan dalam memilih sabun bayi yang aman digunakan menjadi hal yang penting. 

Dalam artikel ini akan dibahas jenis-jenis sabun bayi serta kelebihan dan kekurangannya. Pada umumnya ada 3 jenis sabun mandi untuk bayi. Ketiga jenis tersebut adalah sabun cair, busa dan padat atau batangan. Masing-masing jenis sabun tersebut memiliki efek yang berbeda-beda bagi kulit. 

Sabun mandi cair 
Sabun mandi bayi yang berbentuk cair dapat memproduksi busa yang cukup banyak. Namun, banyaknya busa tidak menjamin daya bersih sabun. Cermati komposisi yang terkandung di dalamnya untuk memastikan manfaatnya bagi bayi. Umumnya, sabun cair mengandung asam lemah yang aman untuk kulit.

Tetapi, sabun yang tertinggal di ujung bibir botol dapat berdampak buruk. Jamur dan bakteri dapat berkembang biak pada sisa sabun yang menempel. Untuk rekomendasi, Anda dapat mencoba sabun cair Sleek Baby. Pengalaman menggunakan sabun bayi Sleek Baby menunjukan kandungan antibacterialnya sangat bermanfaat.

Sabun mandi padat 
Keunggulan yang paling menonjol dari sabun padat adalah kandungan zat aditifnya yang rendah. Sabun padat dengan kandungan minyak yang cukup juga tidak akan menghasilkan busa yang terlalu menempel pada kulit. Namun, untuk bayi dengan kondisi kulit yang kering, hindari penggunaan sabun padat yang berbahan kimia.

Kekurangan dari sabun batang adalah cara pakainya yang tidak praktis. Penggunaannya harus dilakukan dengan dua tangan. Anda akan menjadi sulit memegangi si buah hati ketika memandikan. Selain itu, kandungan asam lemah dalam sabun padat dapat berubah menjadi asam basa dalam kurun waktu tertentu.

Sabun mandi busa untuk bayi
Sabun mandi busa sangat disarankan untuk digunakan pada bayi yang belum bisa duduk. Penggunaannya yang hanya membutuhkan sedikit gerakan membuat sang Ibu dapat leluasa memegangi bayi selama memandikan. Hal ini membuat sang Ibu tidak membutuhkan bantuan dari orang lain dalam proses memandikan bayi. 

Namun, pada umumnya kandungan zat aditif dalam sabun busa cukup tinggi. Ditambah lagi, kisaran hargannya juga cukup mahal dibanding jenis sabun bayi lainnya. Pastikan dulu keamanan komposisi yang terkandung dalam sabun busa sebelum memutuskan untuk menggunakannya. 

0 komentar:

Posting Komentar