Tips Menjaga Kesehatan Ibu dan Janin dengan Makanan Berkalsium

Tips Menjaga Kesehatan Ibu dan Janin dengan Makanan Berkalsium

Masa-masa kehamilan, ibu hamil wajib untuk memperhatikan kesehatan janin dan dirinya sendiri. Salah satunya adalah dengan asupan vitamin seperti dari produk berikut  https://www.goapotik.com/produk/folamil-gold-30-kapsul, maupun melalui makanan. Selain vitamin, makanan dengan kandungan kalsium tinggi pun penting untuk diperhatikan. Karena, kalsium bermanfaat untuk tulang dan gigi bagi janin, serta untuk kesehatan ibu hamil. Ada banyak jenis makanan berkalsium, seperti berikut ini:
  • Pisang
  • Kacang
  • Buah apel
  • Kurma
  • Keju
  • Lobak
  • Dll
Pentingnya asupan kalsium selama masa kehamilan wajib diperhatikan oleh ibu hamil. Selain untuk dirinya sendiri, juga sangat baik untuk janin di dalam kandungan. Kalsium dapat membangun atau memperkuat struktur tulang. Kebutuhan kalsium untuk ibu hamil akan terus meningkat karena dibutuhkan juga dalam pembentukan tulang dan gigi janin. Umumnya kita mungkin tahu kalau gigi biasanya tumbuh sekitar 5-6 bulan yaitu gigi susu, namun sebenarnya gigi sudah mulai tumbuh pada saat janin masih dalam rahim.

Selain untuk tulang dan gigi, kalsium juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti mampu mengurangi hipertensi (darah tinggi) pada masa-masa kehamilan dan preeclampsia. Kedua hal ini sangat berisiko buruk sekali untuk ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan. Karena itulah ibu hamil wajib mewaspadainya dan segera melakukan antisipasi, salah satunya ialah dengan mengonsumsi kalsium.

Tubuh kita tidak bisa memproduksi kalsium, maka dari itu, kita harus mengonsumsi makanan berkalsium tinggi seperti yang telah kami ulas di atas. Bahayanya lagi, jika tubuh ibu hamil tidak memiliki kandungan kalsium yang cukup, maka janin akan mengambilnya dari kalsium yang ada pada tulang ibunya. Sehingga, asupan kalsium yang kurang tentu akan mengakibatkan gangguan pada tulan ibu hamil.

Setiap ibu hamil wajib mengetahui kebutuhan kalsium harian. Untuk mengetahuinya bisa kita lihat dari usia. Jika Anda berusia 30-49 tahun, maka kebutuhan kalsium harian adalah 1200 mg per hari. Jadi, dari sini kita bisa simpulkan bahwa kebutuhan kalsium harian tergantung dari usia si ibu.

Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui seputar kalsium. Cukupilah kebutuhan kalsium Anda dengan mengonsumsi makanan-makanan di atas.

0 komentar:

Posting Komentar