Ketahui 5 Cara Merawat Busi Motor Agar Tetap Awet

Ketahui 5 Cara Merawat Busi Motor Agar Tetap Awet

Busi motor menjadi salah satu komponen penting dalam kendaraan bermotor. Tentunya spare part satu ini juga perlu untuk diperhatikan perawatannya karena termasuk dalam komponen yang mudah rusak. Fungsi dari busi yaitu sebagai pemantik di dalam proses pembakaran atau pengapian.

Banyak pengendara motor yang memilih untuk langsung mengganti busi motor dengan yang baru ketika sepeda motor tiba-tiba mogok. Hal ini tentu akan membuat pengeluaran Anda semakin banyak dan juga akan merepotkan. Padahal bisa jadi busi tersebut rusak karena kekeliuran ketika merawatnya. Jika Anda tidak ingin hal tersebut, maka perlu untuk melakukan beberapa tips di bawah ini agar busi tetap awet.

1.Penggunaan bahan bakar

Untuk Anda yang belum mengetahuinya, ternyata bahan bakar memiliki pengaruh tersendiri terhadap busi. Bahan bakar yang memiliki kandungan timbal atau premium biasanya akan menghasilkan lebih banyak karbon. Inilah yang akan membuat busi menjadi kotor dan otomatis tidak bisa digunakan lagi. 
Maka dari itu, lebih baik pilihlah bahan bakar yang tidak memiliki kandungan timbal di dalamnya (pertamax). Walaupun harga pertamax memang sedikit lebih mahal daripada premium, namun bisa membuat busi tetap awet dan tidak cepat kotor.

2.Membersihkan secara rutin

Hal ini perlu untuk Anda lakukan agar busi tidak cepat rusak. Setelah menempuh perjalanan jauh, Anda bisa membongkar busi dan membersihkan kotoran yang menempel pada anoda dan katoda. 

Caranya yaitu dengan menyikatnya memakai sikat dengan bahan kawat halus dan juga dilumuri dengan bensin. Setelah selesai menyikat busi tersebut, rendam bagian ujungnya ke dalam bensin. Ini berfungsi untuk merontokkan atau menghilangkan kerak yang menempel.

Anda juga bisa memeriksa kondisi busi. Jika kondisi busi dalam keadaan kering dan berwarna abu-abu, itu berarti pembakaran dari mesin motor berjalan dengan baik. Namun jika busi dalam keadaan basah dan berwarna hitam, maka pembakaran di dalam motor kurang sempurna.

3.Menyetel celah busi

Setelah Anda membersihkan busi motor, jangan lupa untuk menyetel celah busi memakai spark plug gap gauge. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah setiap kendaraan mempunyai kerenggangan yang berbeda, maka dari itu Anda bisa membuka buku panduan terlebih dahulu.

4.Jalur pengapian

Tips merawat busi agar tetap awet selanjutnya yaitu dengan memastikan jalur di dalam sistem pengapian berfungsi dengan baik, terutama pada bagian dari kabel busi. Jika Anda sudah merasa pengapian tidak bisa berfungsi dengan baik, kemungkinan besar terdapat masalah di dalamnya. Jika hal tersebut terjadi, segera lakukan penggantian agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

5.Menyimpan busi cadangan

Ini menjadi salah satu bentuk antisipasi atau persiapan jika tiba-tiba terjadi masalah berkaitan dengan busi. Lebih baik Anda sudah berjaga-jaga dengan menyimpan busi cadangan sebanyak dua buah dan dilengkapi pula dengan satu set perlengkapan kunci busi di dalam bagasi motor. 

Ini berfungsi agar ketika Anda melakukan perjalanan jauh namun tiba-tiba terjadi masalah pada busi, Anda bisa langsung menggantinya. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk menyiapkan hal-hal tersebut.

Demikian informasi mengenai tips merawat busi motor agar tetap awet. Apabila busi senantiasa dalam kondisi prima, tentu ini dapat menjaga kinerja mesin motor. Selain itu, jika komponen-komponen motor selalu dirawat dengan tepat maka motor pun bisa difungsikan dengan baik dan tentu saja akan memudahkan mobilitas Anda.

0 komentar:

Posting Komentar