Perkembangan Janin Pada Trimester Pertama Dan Nutrisi yang Harus Dipenuhi

Perkembangan Janin Pada Trimester Pertama Dan Nutrisi yang Harus Dipenuhi

Kehamilan merupakan salah satu momen paling membahagiakan bagi setiap calon ibu. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui perkembangan janin pada setiap minggunya, dengan begitu para ibu mampu untuk merawat dan memberi nutrisi janin yang ada di dalam kandungan.

Tahap Perkembangan Janin

Pada artikel kali ini, kita akan fokus mengulas perkembangan janin pada trimester pertama dan nutrisi apa saja yang tepat untuk si jabang bayi agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

1. Minggu Ke 1
Pada minggu pertama tentu saja akan ada proses bertemunya sel telur dan sperma, yang nantinya akan menjadi bakal janin. Setelah itu bakal janin atau embrio akan menempel di Rahim.

2. Minggu Ke 2
Di minggu kedua inilah embrio sudah membentuk 150 sel. Pada tahap ini terbentuklah 3 lapisan utama yaitu endoderm, ectoderm, mesoderm. Ketiga lapisan ini pada waktunya akan membentuk otot dan organ-organ lain.

3. Minggu Ke 3
Pada minggu ketiga ini embrio telah menempel dengan pada rahim dengan sempurna, yang selanjutnya akan terus membelah sel. Plasenta akan terbentuk di lapisan terluar embrio dan secara bertahap organ organ mulai terbentuk.

4. Minggu Ke 4
Ditahap ini embrio sudah berukuran 5 milimeter. Jantung sudah mulai berdetak, dan banyak pembuluh darah juga sudah berfungsi normal. Tangan dan kaki juga sudah mulai terbentuk.

5. Minggu Ke 5
Pada tahap ini struktur otak sudah mulai terbentuk, begitupula dengan mata, mulut dan telinga sudah mulai kelihatan.

6. Minggu Ke 6
Pada tahap ini sistem pencernaan sudah mulai terbentuk beserta dengan jari jari mungil yang sudah mulai kelihatan belajar bergerak.

7. Minggu Ke 7
Pada tahap ini, sudah terbentuklah paru paru dan jari jari sudah aktif untuk bergerak karena system syaraf dan otot sudah mulai terbentuk dan berfungsi.

8. Minggu Ke 8
Ditahap ini hidung dan kelopak mata sudah terbentuk. Air ketuban juga sudah mulai terbentuk untuk menjaga suhu bayi di dalam rahim. Di sini ukuran janin sudah mencapai 3 cm.

9. Minggu Ke 9
Pada minggu ke 9 ini, perkembangan janin menunjukkan jika janin muka janin sudah mulai terlihat jelas. Matanya sudah mulai bisa dibuka dan berwarna sesuai pigmen yang dibentuk. Mulut sudah mulai bisa dibuka dan kelenjar air liur terbentuk.

10. Minggu ke 10 dan 11
Pada minggu ke 10 dan 11, kepala bayi sudah membesar dan lebih besar dari tubuhnya. Ditahap ini tulang tulang sudah terbentuk seperti tulang wajah. Di tahap ini jantung sudah berdetak sempurna, bahkan janin ditahap ini sudah bisa mengeluarkan urin.

11. Minggu Ke 12
Pada minggu ke 12, semua organ yang dimiliki sudah lengkap. Sementara itu tahap selanjutnya adalah terjadi proses perkembangan atas organ yang sudah terbentuk.

Nutrisi Trimester Pertama

Trimester pertama pada pekembangan janin penting karena organ-organ akan melakukan penyempurnaan. Oleh karena itu, diperlukanlah nutrisi yang cukup agar organ berkembang sempurna. Ibu hamil direkomendasikan untuk mengkonsumsi banyak folat guna menyempurnakan perkembangan otak janin. Lalu ada juga protein hewani maupun nabati yang bisa mempercepat perkembangan sel sel janin.

Kalsium juga tak boleh ketinggalan untuk memadatkan tulang-tulang yang sudah terbentuk pada trimester pertama. Ada juga vitamin A yang sangat penting untuk perkembangan mata janin dan menjaga kekebalan tubuh.

Demikianlah informasi tentang kehamilan pada trimester pertama beserta nutrisi yang harus dipenuhi guna mendukung perkembangan selanjutnya. Pastikan Anda mengetahui betul setiap perkembangan janin yang tengah dikandung agar bisa memberikan nutrisi terbaik untuk kehamilan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar