Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan Keluarga

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan Keluarga

Indeks kesehatan di Indonesia saat ini ternyata masih sangat rendah. Pada Indeks Kesehatan Global yang dilaporkan di The Legatum Prosperitu Index pada tahun 2017, dari 149 negara, Indonesia menduduki tingkat 101. Dapat diartikan bahwa Indonesia memiliki tingkat kesehatan yang sangat rendah. Hal ini tidak sebanding dengan inflasi biaya kesehatan di Indonesia yang naik hingga 36% setiap tahunnya. Biaya kesehatan yang tinggi, masyarakatnya yang kurang peduli akan kesehatan membuat Indonesia menjadi jauh tertinggal pada bidang kesehatan.

Tingkat kesehatan yang masih rendah ini bisa diakibatkan oleh berbagai macam faktor. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya kesehatan masyarakat Indonesia yaitu gaya hidup yang tidak sehat. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya penelitian bahwa “fast food” atau makanan cepat saji banyak dikonsumsi oleh masyarakat kelas menengah. Melihat angka kesehatan yang sangat rendah akibat gaya hidup yang kurang sehat membuat keluarga Anda rentan terkena penyakit beresiko tinggi.

Anda tentu tidak menginginkan keluarga Anda jatuh sakit akibat sering mengkonsumsi makanan cepat saji. Salah satu perencanaan untuk mengatasi keluarga yang jatuh sakit yaitu memiliki. Asuransi kesehatan untuk keluarga sangatlah penting dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dari mengasuransikan kesehatan keluarganya. Ada bisa memperhatikan kelebihan asuransi kesehatan untuk keluarga berikut ini:

- Mendapatkan Jaminan Kesehatan

Gaya hidup masyarakat Indonesia yang sangat buruk membuat angka harapan hidup di Indonesia cukup rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya seperti Amerika, Inggris, Jepang hingga Korea Selatan. Gaya hidup yang konsumtif dengan mengkonsumsi makanan cepat saji yang cukup sering membuat keluarga Anda bisa berisiko terkena berbagai macam penyakit beresiko tinggi. Beberapa penyakit akibat mengkonsumsi makanan cepat saji yaitu diabetes, jantung, hingga kanker. Penyakit-penyakit tersebu tidak hanya berisiko tinggi saja. Bahkan penyakit tersebut menjadi salah satu penyakit mematikan.

Tak sedikit masyarakat Indonesia yang meninggal karena penyakit kanker. Dengan mendaftarkan diri di asuransi kesehatan keluarga, keluarga Adna bisa mendapatkan jaminan kesehatan. Manfaat ini bisa dirasakan dengan adanya layanan pencegahan, pengobaran hingga beberapa pelayanan kesehatan lainnya. 

- Merencanakan Keuangan Lebih Mudah

Memiliki asuransi kesehatan keluarga bisa menjadi salah satu cara untuk merencanakan keuangan menjadi lebih baik. Perencanaan keuangan dalam keluarga sangat penting untuk dilakukan. Hal ini ditujukan supaya pengeluaran akan terkontrol dengan baik. Memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga akan memudahkan Anda mengatur keuangan. Misalnya saja, saat salah satu keluarga Anda sakit parah dan harus di rawat inap dalam kurun waktu yang lama. Tentu hal tersebut akan membutuhkan banyak biaya. Terlebih lagi, apabila penyakit yang diderita adalah kanker. Anda membutuhkan biaya tambahan untuk fasilitas kesehatan yang memadai.

Memiliki asuransi kesehatan memungkinkan Anda menabung untuk masa depan keluarga. Karena Anda tidak perlu khawatir saat akan membayar tagihan biaya kesehatan dari rumah sakit. Anda bisa membayar menggunakan asuransi kesehatan.

- Menghindari Menghutang

Pada situasi yang sama seperti dicontohkan di poin sebelumnya bahwa saat keluarga sakit akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bagi beberapa orang yang tidak memiliki asuransi kesehatan keluarga memilih untuk menghutang di bank ataupun tempat lain guna membayar biaya kesehatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, Anda akan terhindar dari hutang untuk membayar biaya kesehatan. Karena adanya jaminan yang memungkinkan Anda bisa membayar biaya kesehatan menggunakan asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan bisa di klaim di beberapa rumah sakit yang sudah menjadi mitra perususahaan asuransi yang Anda ajukan. Selain itu, untuk klaim asuransi kesehatan juga sesuai dengan kebijakan polis tiap perusahaan.

- Premi yang Bisa Disesuaikan dengan Anggaran Keuangan

Dalam manajemen keuangan keluarga, tentu sudah dipisahkan sesuai dengan masing-masing kebutuhan. Mulai dari tabungan untuk dana darurat, pendidikan dan sebagainya. Mendaftarkan diri pada asuransi kesehatan keluarga di perusahaan asuransi yang terpercaya memungkinkan Anda memilih premi yang harus dibayarkan. Anda bisa memilih premi yang sesuai dengan budget Anda. Misalnya, Anda memilih asuransi kesehatan murni untuk keluarga. Asuransi kesehatan murni ini dapat dibilang lebih efektif dan efisien. Karena premi asuransi ini hanya dibayarkan untuk masalah kesehatan saja. Sehingga tidak akan dicampur adukkan dengan asuransi yang lain.

Asuransi kesehatan murni juga terbilang lebih terjangkau biaya preminya dibandingkan dengan asuransi kesehatan yang lainnya. Hal ini dikarenakan Anda bisa mendapatkan potongan biaya sehingga Anda tidak perlu membayar premi dengan jumlah yang banyak. Meskipun premi yang harus dibayarkan cukup terjangkau, hal ini tidak mengurangi fasilitas yang didapatkan.

Dengan mengetahui kelebihan memiliki asuransi kesehatan keluarga, tidak hanya melindungi keluarga saja. Anda bisa mengatur keuangan dan terhindar dari terlilit hutang akibat membayar biaya kesehatan. 

0 komentar:

Posting Komentar