Ini 7 Tempat Wisata Unik Yang Hanya Ada di Korea Selatan

Ini 7 Tempat Wisata Unik Yang Hanya Ada di Korea Selatan

Korea Selatan terkenal dengan budaya K-Pop dan K-Drama yang unik, penuh warna, dinamis, dan menarik. Namun di balik itu, Korea Selatan juga memiliki tempat-tempat wisata yang tak kalah unik dan menarik dari jalan cerita dari K-Drama. Mulai dari wisata alam, wisata urban, hingga wisata kecantikan pun tersedia lengkap di Korea Selatan. 

Lengkapnya destinasi wisata ditambah adanya penerbangan direct yang ditawarkan beberapa maskapai, seperti Korean Air, yang membuat antusiasme untuk berkunjung ke Korea Selatan terus meningkat setiap tahunnya. Sebagai gambaran keunikan Korea Selatan, berikut ini tempat-tempat yang hanya akan Anda temukan di Korea Selatan.

1. Yongma Land 

Tidak perlu jauh-jauh ke Chernobyl untuk dapat mengetahui bagaimana rasanya berada di kota mati. Korea Selatan memiliki Yongma Land, yaitu taman rekreasi keluarga yang pada masa jayanya ramai dikunjungi oleh keluarga berbahagia. Namun akibat kalah dalam persaingan usaha, taman ini ditutup pada tahun 2011. 

Kini, wahana-wahana dibiarkan terbengkalai dan berkarat sehingga terasa terasa sekali nuansa sepi dan terisolir dari taman ini. Pengurus taman juga memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati suasana taman ini di malam hari dengan membayar lebih. Gemerlap cahaya dari berbagai wahana di taman ini mampu memberikan wajah baru dari taman rekreasi yang kehilangan kejayaannya. 

2. Third Tunnel of Aggression

Di bawah Korean Demilitarized Zone atau zona demiliterisasi antara Korea Selatan dan Korea Utara, terdapat Third Tunnel of Aggression yaitu terowongan sepanjang lebih dari 200 meter yang diam-diam menghubungkan antar kedua negara. Terowongan karya Korea Utara ini diklaim merupakan bekas tambang batu bara yang sudah tidak terpakai lagi, namun kini telah dirubah oleh Korea Selatan menjadi salah satu daya tarik wisata. 

Terowongan yang gelap dan lembab telah dipugar sehingga layak untuk dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu karena berada di kawasan sensitif, terowongan ini berhenti di perbatasan antara kedua negara. Jadi wajar saja apabila Anda menemukan pos keamanan mungil lengkap dengan tembok pengaman dan senjata api.

3. Jeju Glass Castle

Rumah kaca adalah hal yang biasa, namun tidak dengan kastil kaca. Jeju Glass Castle adalah taman tematik yang hampir seluruhnya terbuat dari kaca. Di taman ini terdapat air terjun mini, taman bunga, diorama kota mungil, pohon buah, kanopi tanaman rambat, patung-patung dan kubah besar yang menyerupai sangkar burung. Seluruhnya pun terbuat dari kaca. Hiasan-hiasan kaca ini pun dapat bersinar di malam hari sehingga apabila Anda berkunjung ke Jeju Glass Castle saat malam hari, Anda dapat menyaksikan taman ini bertransformasi menjadi taman cahaya.

4. Jindo-Mondo Natural Bridge

Anda tentu hafal dengan kisah Nabi Musa yang mendapat mukjizat untuk mampu membelah laut merah untuk menyelamatkan bani Israil dari kejaran pasukan Firaun. Kini, Anda dapat merasakan pengalaman yang serupa meskipun tak sama. Di antara pulau Jino dan Modo, terdapat jalur penghubung alami yang hanya muncul ketika air sedang surut yaitu di bulan Mei dan di pertengahan Juni. Oleh karena itu, jembatan alami ini selalu dipenuhi oleh turis lokal maupun asing yang ingin merasakan peristiwa langka ini.

5. Imsil Cheese Park

Korea Selatan memang belum lama mengenal keju, namun perkenalan singkat ini langsung membuahkan cinta antara warga Korea Selatan dengan hidangan khas Eropa ini. Kawasan Imsil merupakan tempat pertama kali keju dibuat dan dinikmati di Korea Selatan. Wajar apabila Imsil kini menjadi sentra keju di Korea Selatan. 

Untuk memperingati keistimewaan itu maka dibangun Imsil Cheese Park yaitu taman tematik yang mengupas tuntas keju dari awal pembuatan hingga ke produk jadi. Para wisatawan dapat belajar membuat serta menikmati keju, menengok laboratorium yang meneliti cara-cara baru dalam membuat keju, berbelanja souvenir, bersantap di restoran, maupun berjalan-jalan melihat aneka gedung dan patung bertemakan keju. 

6. Samtan Art Mine

Pernahkah Anda berkunjung ke bekas tambang batu bara? Samtan Art Mine bukan lah bekas tambah batu bara biasa, karena kini telah menjelma menjadi galeri seni modern yang hits. Setiap gedung yang berada di komplek pertambangan ini direnovasi untuk dapat menjadi galeri seni yang aman, nyaman, dan tentu saja keren. Lorong-lorong bawah tanah pun dipugar dan dihiasi tata cahaya untuk menekankan keindahan alaminya. Selain itu, terdapat juga tugu peringatan untuk mengenang para penambang yang kehilangan nyawa selama tambang ini beroperasi.

7. Oedo Botania

Kebun bunga memang biasa saja, tetapi kalau kebun bunga di pulau tersendiri maka itu luar biasa. Oedo Botania adalah hasil jerih payah sepasang suam istri, Lee Chang-ho dan Choi Ho Suk, yang merubah pulau berbatu tandus menjadi dataran subur yang ditumbuhi pepohonan, bunga, ilalang, hingga beberapa spesies tanaman langka. Terdapat pula jalan setapak disiapkan untuk dapat menikmati keindahan kebun tersembunyi di Korea Selatan ini.

1 komentar: