5 Jenis Sablon Kaos Manual yang paling Digemari Remaja

5 Jenis Sablon Kaos Manual yang paling Digemari Remaja

Remaja zaman sekarang lebih suka kaos berkarakter daripada polos. Termasuk di dalamnya remaja yang membentuk komunitas dan menjadikan kaos sebagai atributnya. Desain sablon kaos pun dibuat sesuai dengan karakter komunitas mereka. Selain desainnya itu sendiri, remaja juga menyukai jenis sablon manual tertentu yang di antaranya sebagai berikut.

1. Karet GL (Rubber)
Jenis sablon yang pertama adalah karet GL atau yang sering disebut rubber. Sablon kaos murah inilah yang paling sering dijumpai di distro, mall, maupun pasar. Para remaja juga cenderung sering memakai kaos yang disablon dengan bahan karet ini. Rubber cukup populer karena kelebihannya pada tingkat kerapatan dan elastisitasnya yang tinggi.

Kelebihan inilah yang menjadikannya cocok untuk kain dengan warna apa saja, baik gelap maupun terang. Tambahan lagi, sablon jenis rubber ini lebih awet dan tahan setrika, terutama jika sudah diberi coating (lapisan tambahan). Dengan kata lain, rubber juga bisa dijadikan underbase atau tinta dasar, terutama untuk kaos berwarna gelap.

2. Discharge
Anda penah lihat seragam basket atau olahraga lainnya? Nah, biasanya sablon yang dipakai untuk latihan adalah jenis discharge. Terutama pada bagian nomor punggung. Intinya, warna kaos akan berubah seperti warna tinta sablonnya.

Misal, warna dasar kaos Anda itu putih, terus diberi tinta dscharge warna hitam untuk nomornya. Semakin besar ukuran angkanya, maka warna yang mendominasi adalah warna hitam dari cat sablonnya. Tinta discharge ini hanya cocok untuk kain katun murni karena merupakan campuran dari tinta superwhite dan  bubuk khusus.

3. Pigmen
Jenis sablon manual berikutnya yaitu pigmen yang merupakan bubuk pewarna tinta khusus sablon yang sifatnya meresap dalam kain. Penampakkannya seperti kaos zaman dulu dan tinta pada kertas koran. Penamaan pigmen ini karena warnanya cenderung rata. Pigmen hanya cocok diterapkan pada kaos dengan bahan berwarna terang.

4. Glow in the Dark
Sablon kaos digital memiliki keunggulan pada kekuatan warnanya yang bisa diaplikasikan pada berbagai jenis dan warna bahan. Sedangkan sablon manual memiliki keunggulan pada berbagai jenisnya, termasuk glow in the dark ini.

Saat pertama kali muncul, jenis sablon ini langsung booming. Efek nyala pada jenis sablon manual ini karena adanya campuran fosfor pada catnya. Termasuk tambahan tinta extender atau pigmen underbase, baik dari rubber maupun plastisol. Anda pasti pernah melihat 2 jenis warnanya, yaitu green glowing dan orange glowing.

5. Foil
Jenis sablon yang satu ini menggunakan lapisan berupa kertas logam yang tampak seperti aluminium foil. Efek mengkilat ini sering diaplikasikan pada kaos fans, seperti fans klus sepak bola tertentu atau artis. Dibandingkan dengan jenis sablon manual lainnya, kaos dengan sablon foil harus lebih hati-hati dalam perawatannya.

Masih banyak jenis sablon manual lainnya yang digemari remaja. Anda bisa menemukan berbagai jenis sablon manual ini pada kaos-kaos yang dijual di custom.co.id. Selain remaja, pakaian anak dan dewasa pun menerapkan berbagai jenis sablon ini.

0 komentar:

Posting Komentar